blog yang berisi berbagai informasi tentang daftar

Breaking

10 Klub Dengan Fans Terbanyak Di Dunia

Perusahaan Sport bernama Sport +Markt berasal dari Jerman pernah merilis daftar klub yang paling banyak pendukungnya di dunìa, walaupun penelitian ini dirilis pada bulan oktober 2011, tapi survey ini cukup relevan dan kredibel hingga pertengahan tahun 2013 ini. Hasil survei juga sekaligus memuat prediksi jumlah fans untuk tahun 2012 dan 2013. Sport +Markt mengambil sampel 1000 orang dari 34 negara.

Sebenarnya ada 13 klub yang ada dalam hasil survey tersebut, namun disini saya cantumkan dalam bentuk judul 10 Klub dengan fans terbanyak di dunia. Dari hasil survei tersebut menempatkan klub asal Inggris Manchester United sebagai Klub yang mempunyai pendukung paling banyak di dunia, diikuti oleh Barcelona dan Real Madrid ditempat kedua dan ketiga. Keberhasilan MU menguasai liga Inggris selama dua dasawarsa terakhir sepertinya menjadi faktor utama yang membuat klub inì memiliki fans terbanyak, sementara Barcelona mulai menguasai persepakbolaan dunia beberapa tahun terakhir ini sehingga tambahan fansnya melonjak secara signifikan. Yang menarik adalah klub raksasa asal Inggris yang sedang tertidur yaitu Liverpool, walaupun prestasinya sedang menurun selama 8 tahun terakhir ini, namun fansnya tetap banyak dan berada diurutan ketujuh sebagai klub dengan fans terbanyak, faktor sejarah nampak cukup berpengaruh mengingat prestasi Liverpool pada masa lalu yang sempat merajai sepakbola Inggris dan Eropa.

Berikut ini daftar selengkapnya 10 Klub dengan fans terbanyak versi Sport +Markt:

1. Manchester United
Asal Negara : Inggris
Jumlah fans : Sekitar 354 juta.

2. Barcelona
Asal Negara : Spanyol
Jumlah Fans : Sekitar 270 Juta.

3. Real Madrid
Asal Negara : Spanyol
Jumlah Fans : Sekitar 174 juta.

4. Chelsea
Asal Negara : Inggris
Jumlah Fans : Sekitar 135 juta.

5. Arsenal
Asal Negara : Inggris
Jumlah Fans : Sekitar 113 juta.

6. AC Milan
Asal Negara : Italia
Jumlah Fans : Sekitar 99 juta.

7. Liverpool
Asal Negara : Inggris
Jumlah Fans : Sekitar 71 juta.

8. Inter Milan
Asal Negara : Italia
Jumlah Fans : Sekitar 49 juta.

9. Bayern Muenchen
Asal Negara : Jerman
Jumlah Fans : Sekitar 24 Juta.

10. Juventus
Asal Negara : Italia
Jumlah Fans : Sekitar 20 Juta.

Jika dilihat dari daftar di atas, Inggris masih mendominasi sebagai negara yang klub-klubnya paling digemari dengan menempatkan empat klubnya di 10 besar, diikuti oleh Italia 3 klub, Spanyol 2 klub dan Jerman 1 klub.

Ada 3 klub asal Inggris yang menyusul di belakang ke sepuluh klub di atas yaitu, Manchester City di urutan 11 dengan jumlah fans sekitar 18 juta, kemudian Tottenham Hotspurs di posisi 12 dengan jumlah fans sekitar 11 juta dan Newcastle United di urutan 13 dengan jumlah fans sekitar 6 juta.

Faktor- faktor yang membuat klub-klub tersebut populer dan memiliki fans yang banyak adalah Prestasi, daerah asal klub, sejarah, kehadiran pemain bintang dan tentu saja media.