Jenis Material Bangunan

Hallo sobat pembaca, kali ini Kita akan menayangkan tentang daftar bahan bangunan yang biasa digunakan dalam membangun sebuah rumah atau gedung, yuk kita simak saja daftar beberapa jenis bahan bangunan dengan sedikit keterangannya yang dikutip dari situs www.ilmusipil.com :

-> Pasir
Pasir digunakan sebagai campuran material pengikat adukan baik beton maupun pemasangan material lainnya. pasir yang baik dan layak digunakan sebagai bahan bangunan sebelumnya dilakukan tes pasir terlebih dahulu yaitu tes besar butiran, tes kadar lumpur dan organik.

-> Batako
Batako adalah beton atau batu lain yang dicetak jadi, sehingga memudahkan dalam pelaksanaanya, batako dapat digunakan pada dinding, lantai halaman, taman maupun tempat lainnya. di pasaran dapat ditemukan batako dengan ukuran 10x20x40 cm.

-> Beton
Merupakan batu buatan yang terdiri dari campuran pasir, semen, batu atau bahan lainnya yang di cetak menjadi bagian dari sebuah bangunan. beton mempunyai tingkat kuat tekan yang berbeda-beda misalnya dinamakan dengan simbol K-250 yang berarti beton tersebut mempunyai kuat tekan sebesar 250 kg/m2.

-> Semen
Semen di gunakan sebagai bahan pengikat agregat – agregat sehingga dapat dibentuk menjadi batu beton. semen dapat dibeli di toko bangunan dengan satuan Zak atau kg, 1 zak semen ada yang berisi berat 40 kg atau 50 kg.

-> Besi Beton
Besi beton di gunakan sebagai penahan gaya tarik pada konstruksi beton. besi bangunan banyak diproduksi dalam bentuk batangan dengan penampang lingkaran, untuk melihat daftar berat besi per m dapat melakukan download tabel berat besi.

-> Bekisting
Bekisting bisa dibuat dari kayu atau seng, bekisting digunakan untuk mencetak beton sesuai bentuk yang di inginkan.

Sebenarnya masih ada bahan Material lainnya seperti ubin keramik, material pintu dan jendela, cat, serta jenis- jenis material lainnya, namun pembahasan kita kali ini cukup seperti contoh-contoh di atas. Demikianlah postingan kita kali ini mengenai daftar jenis bahan bangunan yang sering digunakan untuk membangun rumah atau gedung, semoga bermanfaat.