10 Orang Terkaya di Indonesia 2018

Majalah terkemuka Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di Indonesia, wajah-wajah lama masih mendominasi dalam daftar tersebut, meski ada beberapa nama baru yang mampu menerobos masuk ke dalam daftar. Nah berikut ini adalah daftar 10 orang terkaya di Indonesia pada tahun 2018 beserta jumlah nilai hartanya: 

1. R Budi dan Michael Hartono 
* Kekayaan : US$ 35 miliar (Rp 508 triliun) 
* Sumber : Sekitar 70% kekayaan mereka berasal
dari Bank Central Asia. Keluarga ini juga pemilik perusahaan produsen rokok, Djarum, elektronik polytron dan real estate. Hartono
bersaudara juga ada di peringkat lima
dalam daftar keluarga terkaya Asia 2017. 

2. Susilo Wonowidjojo (62 tahun)
* Kekayaan : US$ 9,2 miliar (Rp 133 triliun)
* Sumber : Perusahaan rokok Gudang Garam dan Perusahaan kelapa sawit melalui Makin Group.

3. Eka Tjipta Widjaja US$ 8,6 miliar (Rp124 triliun)
Tahun ini kekayaan Eka Tjipta (95 tahun) turun US$ 500 juta, sehingga Eka Tjipta pun turun ke peringkat tiga. Kekayaan Eka berasal dari grup Sinar
Mas yang bergerak di industri kertas, agrobisnis, telekomunikasi, real estate dan layanan finansial. 

4. Sri Prakash Lohia US$ 7,5 miliar (Rp108 triliun) 
Sri Prakash (66 tahun) pindah ke Indonesia dari India pada tahun 1970-an. Naik ke posisi empat seiring peningkatan harga saham Indorama Ventures, perusahaan petrokimia yang terdaftar di bursa Thailand. Produk yang dihasilkan perusahaannya antara lain pupuk, bahan mentah tekstil dan sarung tangan medis. 

5. Anthony Salim US$ 5,3 miliar (Rp76,9 triliun)
Anthoni Salim (69 tahun) adalah kepala Grup Salim, yang memiliki lebih dari 50% saham Indofood. Grup Salim memiliki pula firma investasi First Pacific di Hong Kong, pabrik roti di Singapura, dan perusahaan perdagangan di Cina. Kekayaannya tahun ini turun US$1,6 miliar. 

6. Tahir US$ 4,5 miliar (Rp65 triliun)
Tahir (66 tahun) adalah bos Mayapada Group, perusahaan yang bergerak di bidang perbankan, rumah sakit, dan real estate. Dia juga memiliki sebagian lisensi Forbes Indonesia yang menerbitkan
daftar orang terkaya ini. 

7. Chairul Tanjung US$ 3,5 miliar (Rp50,8 triliun)
CT Corp milik Chairul Tanjung (56 tahun) dikenal sebagai perusahaan pemilik stasiun TV, Bank Mega dan jaringan supermarket. Perusahaan itu juga mengelola beberapa waralaba seperti Wendy's, Versace dan Mango. 

8. Boenjamin Setiawan dan keluarga US $3,2 miliar (Rp46,4 triliun)
Boenjamin (85 tahun) mendirikan Kalbe Farma tahun 1966 di garasi rumahnya hingga kini menjadi perusahaan farmasi terbesar di Indonesia. Dr Boen punya gelar doktoral bidang farmasi, dan juga memiliki 12 rumah sakit Mitra Keluarga. 

9. Jogi Hendra Atmaja US$ 3,1 miliar (Rp45 triliun)
Jogi Hendra Atmaja (72 tahun) memiliki Grup Mayora, salah satu produsen makanan terbesar di Indonesia yang
menjual kopi, biskuit, permen dan lain-lain. Merek Mayora juga dijual di 90 negara di dunia dan mempekerjakan 30.000 orang. 

10. Prajogo Pangestu US$3 miliar (Rp43,5 triliun)
Prajogo Pangestu (74 tahun) adalah pemilik PT Barito Pacific dan Chandra Asri, yang merupakan produsen petrokimia terpadu terbesar di
Indonesia. 

Demikianlah postingan singkat dari kami pada kesempatan kali ini mengenai daftar orang terkaya di Indonesia di tahun 2018 yang dirilis oleh majalah ekonomi terkemuka Forbes dan dikutip dari berbagai sumber.