10 Kota/Kabupaten dengan Indeks Pariwisata Tertinggi Di Indonesia

Kota Denpasar menjadi kota dengan indeks pariwisata tertinggi di Indonesia pada tahun 2016 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata Indonesia, Denpasar berhasil mengungguli Kota Surabaya yang harus puas berada di peringkat kedua. Kota Surabaya meraih peringkat kedua. Kemudian di urutan ketiga diduduki oleh Kota Batam, urutan keempat Kabupaten Sleman dan urutan kelima ditempati oleh Kota Semarang,

Berikut ini adalah daftar selengkapnya 10 besar kota/Kabupaten di Indonesia dengan Indeks pariwisata tertinggi :

1. Kota Denpasar - Bali
2. Kota Surabaya - Jawa Timur
3. Kota Batam, Kepulauan Riau
4. Kabupaten Sleman - DI Yogyakarta
5. Kota Semarang - Jawa Tengah
6. Kabupaten Badung - Bali
7. Kota Bandung - Jawa Barat
8. Kabupaten Banyuwangi - Jawa Timur
9. Kabupaten Bogor - Jawa Barat 10. Kabupaten Bantul - DI Yogyakarta.

Penyusunan Indeks Pariwisata Indonesia ini mengacu pada Travel and Tourism Competitive Indeks yang disesuaikan dengan kondisi di Indonesia untuk mengukur kesiapan daerah wisata. Pengukuran berbasis data sekunder yang ditentukan empat aspek penopang industri pariwisata, yakni aspek lingkungan, tata kelola, potensi wisata, dan infrastruktur. Survei persepsi menggunakan model wawancara tatap muka dilakukan terhadap 25 daerah dengan skor tertinggi. Tujuannya menyeimbangkan hasil pengukuran indeks daya saing dengan memasukkan penilaian masyarakat terkait pembangunan pariwisata di berbagai daerah.

Demikianlah sobat pembaca, postingan kita kali ini tentang daftar 10 Besar Kota di Indonesia dengan Indeks Pariwisata tertinggi.