Hasil Quick Count Pilkada/Pilgub Jabar 2018



Suasana panas mewarnai perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat di tahun 2018 ini. Empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur tampak bertarung sengit untuk memenangkan kursi nomor satu dan dua di Provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak ini. Setelah melalui beberapa tahapan pilkada termasuk pengundian nomor urut pasangan Cagub-cawagub yang digelar KPU Jabar di Gedung Youth Center Sport Jabar Arcamanik Jalan Pacuan Kuda Nomor 140 Kota Bandung pada bulan Februari yang lalu. Dalam pengundian nomor urut itu pasangan Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) yang diusung oleh Partai Nasdem, PPP, PKB dan Hanura mendapatkan nomor urut satu, lalu disusul Pasangan Hasanuddin dan Anton Charliyan (Hasanah) yang didukung oleh PDIP mendapat nomor urut dua. Selanjutnya pasangan calon Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) yang diusung oleh PKS,

PAN, dan Gerindra mendapat nomor urut tiga serta yang terakhir adalah Pasangan calon Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (2DM) yang didukung oleh Partai Golkar dan Partai Demokrat mendapat nomor urut empat. 

Nah ini dia hasil hitung cepat atau quick count sementara pilgub atau pilkada provinsi Jawa Barat 2018: 

1. Paslon Ridwan Kamil - UU

Ruzhanul Ulum (Rindu) meraih suara sebesar 31,91 %

2. Paslon TB Hasanuddin - Anton Charliyan (Hasanah) meraih suara sebesar 12,71 % 

3. Paslon Sudrajat - Ahmad Syaikhu (Asyik) meraih suara sebesar 29,06 %

4. Paslon Deddy Mizwar - Dedi Mulyadi (2DM) meraih suara

sebesar 26,32 %

Suara masuk : 34,5 %

Masyarakat Jawa Barat tentu saja berharap agar pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat dapat berlangsung lancar, aman dan kondusif, para calon dan pendukungnya diharapkan mampu menerima dengan legowo hasil dari pemilihan tersebut. Siapapun nanti yang akan memimpin Jawa Barat perlu didukung selama kebijakannya baik dan pro rakyat dan tentu saja yang menjabat kelak tidak anti kritik saat kebijakannya kurang baik.