Propinsi-Propinsi Yang Ada Di Pulau Jawa Beserta Ibukotanya

Jawa adalah sebuah pulau di Indonesia dengan penduduk 136 juta, pulau ini merupakan pulau berpenduduk terpadat di dunia dan merupakan salah satu wilayah berpenduduk terpadat di dunia. Pulau ini dihuni oleh 60% penduduk Indonesia. Ibu kota Indonesia, Jakarta, terletak di Jawa bagian barat. Banyak sejarah Indonesia berlangsung di pulau ini. Jawa dahulu merupakan pusat dari beberapa kerajaan Hindu-Buddha, kesultanan Islam, pemerintahan kolonial Hindia-Belanda, serta pusat pergerakan kemerdekaan Indonesia. Pulau ini berdampak sangat besar terhadap kehidupan sosial, politik, dan ekonomi Indonesia.

Jawa adalah pulau yang sebagian besar terbentuk dari aktivitas vulkanik, merupakan pulau ketiga belas terbesar di dunia, dan terbesar kelima di Indonesia. Deretan gunung-gunung berapi membentuk jajaran yang terbentang dari timur hingga barat pulau ini. Terdapat tiga bahasa utama di pulau ini, namun mayoritas penduduk menggunakan bahasa Jawa. Bahasa Jawa merupakan bahasa ibu dari 60 juta penduduk Indonesia, dan sebagian besar penuturnya berdiam di pulau Jawa. Sebagian besar penduduk adalah bilingual, yang berbahasa Indonesia baik sebagai bahasa pertama maupun kedua. Sebagian besar penduduk Jawa adalah Muslim, namun terdapat beragam aliran kepercayaan, agama, kelompok etnis, serta budaya di pulau ini.

Pada jaman orde baru jumlah propinsi di Pulau Jawa ada 5 yaitu Propinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur, namun seiring dengan bergulirnya orde reformasi lahirlah Propinsi Banten hasil pemekaran dari Propinsi Jawa Barat. Dengan demikian Jumlah Propinsi di Pulau Jawa yang dulu berjumlah 5, kini bertambah satu menjadi 6. Berikut nama-nama Propinsi yang ada di Pulau Jawa Beserta Ibukotanya:

1. Propinsi Jawa Barat - Bandung
2. Propinsi DKI Jakarta - Jakarta
3. Propinsi Banten - Serang
4. Propinsi Jawa Tengah - Semarang
5. Propinsi DI Yogyakarta - Yogyakarta
6. Propinsi Jawa Timur - Surabaya.