Daftar 10 Kota Terbesar di Pulau Jawa

Halo sobat daftar, pada postingan sebelumnya kita telah membahas daftar kota terbesar di Pulau Sumatera, nah pada kesempatan kali ini kami akan menampilkan daftar kota terbesar di Pulau Jawa yang merupakan pulau terpadat dan terbanyak penduduknya di Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 160 jutaan dari total jumlah penduduk Indonesia yang telah mencapai sekitar 260 jutaan jiwa. Dengan jumlah penduduk segitu maka tak heran jika banyak kota di Jawa memiliki jumlah penduduk yang banyak pula, padahal secara luas Pulau Jawa hanya berada di urutan kelima dibanding Pulau-Pulau besar lainnya di Indonesia seperti Papua, Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi yang jumlah penduduknya lebih sedikit. 

Nah, untuk lebih singkatnya kita simak saja yuk daftar 10 Kota Besar yang ada di Pulau Jawa berikut ini: 

1. Jakarta 
Kota Jakarta merupakan ibukota negara Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 9.988.329 jiwa berdasarkan data tahun 2013. Selain menjadi kota terbesar di Pulau Jawa, Jakarta juga kota terbesar di Indonesia. Selain sebagai pusat pemerintahan, Kota Jakartapun telah menjadi pusat bisnis dan ekonomi bagi negara di Indonesia, maka tak heran jika gedung-gedung pencakar langit sangat banyak di Kota ini. 

2. Surabaya 
Kota Surabaya adalah ibukota Provinsi Jawa Timur, kota ini berpenduduk sekitar 3.125.576 jiwa menurut data tahun 2012. Kota ini berada di urutan kedua sebagai kota terbesar di pulau Jawa dan sekaligus di Indonesia. Perkembangan kota Surabayapun semakin pesat dan menjadi jembatan dan pusat ekonomi untuk Indonesia bagian Timur. 

3. Bandung 
Kota Bandung yang juga dikenal sebagai Kota kembang ini adalah ibukota Provinsi Jawa Barat. Dari data tahun 2014, Kota ini berpenduduk sekitar 2.784.733 jiwa dan menjadi kota terbesar nomor tiga di Pulau Jawa. Letaknya yang tidak begitu jauh dari kota Jakarta, membuat kota Bandung menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat dari berbagai kota terutama warga kota Jakarta yang kerap datang di akhir pekan. 

4. Bekasi 
Kota Bekasi adalah Kota yang juga berada di wilayah Jawa Barat, letaknya yang berbatasan dengan ibukota Jakarta membuat kota inipun tumbuh menjadi kota besar dengan jumlah penduduk yang banyak. Kota Bekasi memiliki jumlah penduduk sebesar 2.592.819 berdasarkan data tahun 2013. 

5. Tangerang 
Kota Tangerang adalah kota yang berada di wilayah Provinsi Banten, sama seperti Kota Bekasi, Tangerangpun letaknya sangat dekat dengan ibukota Jakarta, maka tak heran jika kota inipun tumbuh menjadi kota besar dengan jumlah penduduk sebesar 2.058.335 berdasarkan data tahun 2013. 

6. Depok 
Kota Depok adalah Kota yang berada di wilayah Provibsi Jawa Barat, sama seperti Tangerang dan Bekasi karena letaknya yang berbatasan langsung dengan ibukota Jakarta, Kota inipun tumbuh menjadi kota besar. Berdasarkan data tahun 2014, jumlah penduduk kota Depok telah mencapai 2.033.508 jiwa. 

7. Semarang 
Kota Semarang merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah, jumlah penduduk kota semarang berdasarkan data tahun 2015 sebesar 1.773.905 jiwa. Di Provinsi Jawa Tengah, Semarang adalah kota yang paling besar. 

8. Tangerang Selatan 
Kota Tangerang Selatan adalah Kota yang berada di wilayah Provinsi Banten, seperti halnya Kota Bekasi, Tangerang dan Depok, Tangerang Selatan tumbuh menjadi kota besar karena letaknya yang dekat dengan kota Jakarta. Jumlah penduduk kota Tangerang Selatan berdasarkan data tahun 2013 sebesar 1.443.403 jiwa. 

9. Bogor 
Kota Bogor adalah kota yang berada di wilayah Provinsi Jawa Barat, letaknya yang juga tidak jauh dari kota Jakarta membuat kota inipun tumbuh menjadi salah satu kota besar di Pulau Jawa. Jumlah penduduk kota Bogor sebesar 1.030.720 jiwa berdasarkan data kependudukan tahun 2014. 

10. Malang 
Kota Malang adalah Kota yang berada di wilayah Provinsi Jawa Timur, populasi kota ini berdasarkan data tahun 2014 berjumlah 857.891 jiwa. Kota Malang menjadi Kota terbesar kedua di Provinsi Jawa Timur setelah Kota Surabaya. 

Demikianlah postingan blog Daftar-Daftar kali ini tentang daftar 10 Kota terbesar di Pulau Jawa. Jika ada waktu dan kesempatan kami akan kembali menampilkan daftar kota-kota besar di Pulau lainnya yang belum sempat kami tampilkan.