Daerah Penghasil Kopi di Indonesia

Pada tanggal 1 Oktober 2017 yang lalu pemerintah Indonesia turut memperingati Hari Kopi Internasional yang digelar di Provinsi Lampung yang merupakan daerah penghasil kopi, dalam acara acara tersebut ada sepuluh provinsi yang juga penghasil kopi di Indonesia yaitu Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Timur, dan Bali. Selain daerah di Indonesia Provinsi Lampung juga mengundang beberapa negara tetangga sebagai pembeli yaitu Thailand, Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam. Beberapa kegiatan yang diselenggarakan diantaranya seminar kopi robusta, pemutaran film dan dokumentasi mengenai kopi.Selanjutnya, wisata kopi, praktik budi daya kopi robusta, bantuan bibit dan alat untuk petani kopi, pameran produk kopi, pagelaran busana dan tari, lomba tes cup. Lomba barista, kuliner berbahan kopi robusta, minum kopi gratis dan yang terakhir perayaan Hari Kopi Internasional tahun 2017.

Nah, berikut ini adalah sekilas tentang daerah-daerah penghasil kopi di Indonesia yang perlu juga kita ketahui:

* Nangroe Aceh Darussalam
Daerah ini memiliki kopi yang sangat terkenal. Terutama di daerah Aceh Tengah dan Bener Meriah yang memiliki area sekitar 95 ribu hektar kebun kopi. Jika Anda berkunjung ke Aceh, Anda bisa langsung menuju ke perkebunan dan melihat proses pengolahan kopi. Kopi Arabica Gayo adalah salah satu kopi yang sangat populer dari daerah ini.

* Sumatera Utara
Daerah penghasil kopi yang terkenal di daerah ini adalah Sidikalang yang merupakan ibukota dari Kabupaten Dairi yang berada di barat laut dari Sumatera Utara. Kota ini memiliki tanaman kopi yang sangat nikmat. Sidikalang berada di ketinggian 1.066 mdpl yang memiliki aneka jenis kopi terbaik dan bisa bersaing dengan Brazil untuk kualitas kopinya. Sidikalang memiliki kopi Robusta yang sangat lezat.

* Lampung
Daerah ini memiliki kopi yang diekspor sangat besar di Indonesia. Di Kabupaten Lampung Barat terdapat perkebunan kopi yang luas. Dan kopi ini tersebar di sekitar Lampung Tengah, Lampung Barat, dan daerah Tanggamus. Desa Karangrejo yang berada di Gunung Tanggamus memiliki kopi yang sangat nikmat. Apalagi perkebunannya menyajikan panorama dan juga suasana sejuk. Lokasi Wisata Andalan Lampung.

* Jawa Barat
Daerah Jawa Barat memiliki hubungan sejarah yang cukup kental dengan kopi. Di Priangan Jawa Barat merupakan daerah eksploitasi kopi selama 2 abad yang dilakukan oleh kolonial Belanda. Daerah ini memiliki salah satu produksi kopi bernamaJava Preanger dengan rasa asanya yang tidak perlu diragukan lagi.

* Jawa Tengah
Di Jawa Tengah atau tepatnya di Ambarawa, terdapat sebuah tempat yang bisa menghasilkan kopi cukup nikmat. Di sini terdapat Kampung Kopi Banaran yang dikelola dengan cukup baik. Perkebunan kopi disini sangat sejuk dan juga bebas asap serta polusi. Sehingga racikan kopi Ambarawa ini sangat nikmat dan juga bersih.

* Jawa Timur
Provinsi ini juga memiliki kopi yang tidak kalah baiknya. Di daerah Kalisat, Bondowoso yang berdekatan dengan Kawah Ijen, terdapat perkebunan kopi yang dikelola oleh Perhutani. Perkebunan sekitar 4000 hektar ini diproses dan digiling serta dikemas seperti kopi Arabika.

* Bali
Daerah yang dikenal dengan julukan Pulau Dewata ini juga memiliki kopi yang tidak kalah nikmat. Di Kintamani terdapat perkebunan kopi yang menggabungkan kopi Bali dan kopi Luwak. Prosesnya masih menggunakan cara tradisional seperti tungku api dan kayu bakar. Dan di sini kopi juga diproduksi aroma therapy yang bisa Anda coba.
* Nusa Tenggara Timur
Kopi yang terkenal dari daerah ini kopi AFB atau Arabica From Bajawa yang sangat terkenal di luar negeri. Kopi AFB ini berasal dari dataran tinggi Ngada yang berada di Pulau Flores. Masyarakat Ngada atau Bajawa ini sudah sejak lama membudidayakan kopi. Dan kopi ini diolah dengan cara organik dan tidak menggunakan zat kimia. Tidak heran jika kualitasnya sangat unggul.

* Sulawesi Selatan
Di provinsi ini ada kopi yang terkenal dengan nama kopi Toraja. Sesuai dengan namanya, kopi ini berasal dari Toraja. Kopi ini menjadi salah satu ikon dari dunia pariwisata Toraja. Para turis asing biasanya mengunjungi Toraja untuk mendapatkan kopi tersebut.

* Papua
Selain emas, Papua juga memiliki kopi dengan kualitas yang tinggi. Di Lembah Baliem yang terletak di Wamena ini merupakan salah satu penghasil kopi yang sangat terkenal di Provinsi Papua.

Demikianlah postingan kami kali ini mengenai daftar daerah penghasil kopi di Indonesia yang kami kutip dari beberapa sumber.