15 Cabang Olahraga Andalan Indonesia Di Asian Games 2018

Asian Games digelar 18 Agustus hingga 2 September 2018 dan Indonesia berstatus sebagai tuan rumah di ajang pesta terbesar di Asia tersebut, sebagai tuan rumah Indonesia memiliki peluang untuk memperbaiki peringkatnya dari Asian Games sebelum-sebelumnya. Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) menyebutkan ada 15 cabang olahraga yang memiliki potensi menyumbang medali emas di Asian Games 2018. 

Dalam sejarah keikutsertaan di Asian Games, Kontingen Indonesia memang belum pernah mendapat prestasi mencapai 20 emas. Raihan tertinggi Indonesia adalah 11 emas, itupun diraih saat pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah di tahun 1962. Mengenai cabang olahraga andalan, Bulutangkis masih menjadi cabang yang
paling konsisten dan banyak menyumbang medali emas, dengan total 26 medali emas sejauh ini. Lalu disusul oleh Tenis yang menjadi cabor dengan emas terbanyak kedua (15) disusul Atletik (4), Tinju (3), Perahu Naga (3), dan Sepeda (3).

Pada Asian Games 2018 ini kontongem Indonesia melalui Satlak Prima menyatakan target masuk 10 besar Asia. Ketua Satlak Prima Achmad Soetjipto mengatakan ada 15 cabang yang kemungkinan berpotensi meraih medali emas. Cabang-cabang itu adalah panahan (1 emas), bulutangkis (2), atletik (1), boling (1), bridge (2), kano/rowing (1), sepeda (2), jetski (2), karate (1), paragliding (1), pencak silat (2), sport climbing (1), taekwondo (1), angkat besi (1), dan wushu (1).


Source : Detik