Berbagai macam Olahraga Beladiri

Kali ini kami akan menampilkan daftar olahraga Beladiri yang cukup populer, kita mulai dari Olahraga tradisional negeri kita Pencak Silat.

1. Pencak Silat
Olahraga bela diri ini diciptakan oleh nenek moyang bangsa Indonesia sendiri untuk bertahan dari tantangan alam saat itu. Menurut cerita kerajaan Majapahit dan Sriwijaya pencak silat mulai berkembang saat abad ke 7 karena banyaknya pendekar hebat yang menguasai pencak silat. Pencak Silat mengajarkan kepada kita mengenai Pertarungan tangan kosong, pertarungan dengan senjata hingga cara mengembangkan karakter yang baik.

2. Tinju
Olahraga ini populer di dunia karena sering di tayangkan di TV di Indonesia dan di dunia. Petinju yang terkenal di dunia antara lain Muhammad Ali, Julio Cesar Chavez dan Mike Tyson. Di Indonesia ada Ellyas Pical, Chris John dan Daud Yordan.

3. Taekwondo
Olahraga Bela Diri ini Berasal dari Korea yang berarti "Seni Bela Diri yang menggunakan Kaki Dan Tangan" namun walau begitu gerakan di Taekwondo lebih banyak mengandalkan tendangan/kaki.

4. Karate
Olahraga bela diri ini berasal dari Jepang yang berarti "tangan kosong". Rata rata gerakan di Karate Mengandalkan kekuatan tangan. Karate adalah Olahraga yang cukup populer dan kerapkali dijadikan olahraga tetap di berbagai sekolah di Indonesia.

5. Kung Fu
Olahraga ini berasal dari China dan sangat populer berkat film-film mandarin yang mampu menembus pasar dunia. Pada awalnya Kung Fu berkembang di China namun karena banyaknya orang yang meminati Kung Fu, sekarang Kung Fu menyebar hingga ke seluruh dunia. Bruce Lee adalah salah satu legenda Kung Fu yang terkenal.

6. Muay Thai
Olahraga bela diri ini berasal dari Thailand. dalam pertarungan Muay Thai mengandalkan Sikut dan lutut dalam menyerang bahkan di dalam pertandingan Muay Thai para petarung tidak di berikan pelindung apapun alias Full Body Contact. olahraga Muay Thai banyak di gunakan oleh petraung UFC, MMA dan pertandingan dunia lainnya.

6. Jiu Jitsu
Olahraga beladiri ini berasal dari Jepang yang fokusnya adalah melakukan kuncian terhadap lawan. Dalam mempelajari Jiu Jitsu seorang petarung di ajarkan untuk melakukan kuncian atau pitingan terhadap sendi sendi lawannya sehingga diharapkan lawan menyerah sebelum sendi sendi mereka dipatahkan oleh seorang murid Jiu Jitsu.

7. Capoeira
Olahraga beladiri uni berasal dari Brazil. Keunikan dalam Capoeira adalah dalam melakukan gerakan biasanya mereka di iringi oleh musik dan gerakan mereka sangat lincah seperti tarian. gerakan Capoeira terlihat seperti tarian karena pada dulunya bela diri ini dilarang oleh pemerintah Brazil sehingga mereka membuat Bela Diri yang lincah seperti tarian.

9. Judo
Olahraga ini berasal dari Negeri Sakura Jepang. Judo merupakan akar dari bela diri karate. Judo mengutamakan Teknik Teknik bantingan.

10. Kick Boxing
Olahraga beladiri ini cukup populer di dunia, olahraga ini hampir mirip seperti olahraga Tinju, perbadaan antara Kick Boxing dengan tinju terletak pada gerakannya, jika Tinju hanya mengandalkan Pukulan dan pertahanan Kick Boxing dapat mengandalkan Pukulan, Tendangan dan Tangkisan.

11. Gulat
Olahraga ini lebih menitik beratkan pada kontak fisik antara dua orang di mana salah seorang pegulat harus menjatuhkan atau dapat mengunci musuh mereka. Teknik fisik yang ditunjukkan dalam gulat adalah Joint Lock Clinch fighting, Grappling hold, dan Leverage.

12. Wushu
Wushu berarti "seni bertempur/Bela diri" Kata Wushu berasal dari dua kata yaitu "Wu" dan "Shu". Arti dari kata "Wu" adalah ilmu perang sedangkan arti kata "Shu" adalah seni. Sehingga Wushu bisa juga diartikan sebagai seni untuk berperang atau seni bela diri. Di dalam wushu, kita juga mempelajari Seni, Olahraga, Mental dan Bela diri. Pada Wushu terdapat 5 elemen yaitu Air, Kayu, Api, Bumi, Logam. Hubungan dari 5 elemen itu adalah air mendinginkan api, api menempah logam, logam memotong kayu, kayu tumbuh dari bumi, bumi mengontrol air. Jadi, semua unsur ini saling berhubungan satu sama lain.

13. Anggar
Olahraga ini berasal dari Bahasa Perancis "En Garde" yang artinya adalah bersiap. Kata "en garde" digunakan sebelum permainan anggar dimulai, untuk memberi perintah "bersiap" kepada pemain Anggar. Anggar mengajarkan keahlian dalan penggunaan senjata Tajam (Pedang) dalam penggunaannya dalam bertarung.

14. Kempo
Olahraga bela diri ini merupakan bela diri yang berasal dari Jepang. Arti dari kata Kempo sendiri adalah bela diri dengan permainan tangan, yang berarti mengutamakan penggunaan tangan dalam bertarung, namun walau begitu penggunaan tendangan (kaki) juga masih bisa di gunakan.

15. Sumo
Olahraga seni bela diri ini berasal dari Jepang, biasanya seorang Atlet Sumo memiliki berat yang jauh di atas rata rata. Pada pertandingan Sumo 2 orang Pesumo harus saling dorong mendorong hingga lawan nya keluar dari lingkaran.

Masih banyak lagi olahraga beladiri yang masih belum tersebutkan seperti Aikido, Brazil Jia Jitsu, Tai Chui, Hapkido dan lain-lain.