10 Stadion Terluas Di Dunia

Halo sobat daftar, pada kesempatan kali kita akan menampilkan daftar 10 stadion  terluas di dunia. Mungkin dalam pikiran kita stadion-stadion terluas tersebut dimiliki oleh klub-klub ternama dunia, tapi ternyata tidak! Nah penasaran kan? Yap berikut ini adalah daftar 10 Stadion terluas di dunia yang dikutip dari situs sportsatu :

1.  Strahov Stadium
Strahov Stadium merupakan stadion serbaguna yang terletak di distrik Strahov, Praha, Rep. Ceko. Sekarang, arena itu menjadi tempat berlatih Sparta Praha. Kapasitas arena ini sangat  besar sekitar 250.000 kursi. Stadion ini merupakan stadion terbesar di dunia dan ada di tempat teratas dalam daftar 10 stadion terluas di dunia dari segi kapasitas. Stadion ini pertama kali dirancang sebagai stadion kayu pada 1926 oleh arsitek Alois Dryák.Kemudian, stadion ini diubah menjadi beton pada 1932. Renovasi stadion ini dilakukan pada 1948 dan 1975, sekarang luasnya 63.500 meter persegi.

2. Rungrado 1st of May Stadium
Rungrado 1st of May Stadium adalah stadion serbaguna terletak di Pyongyang, Korea Utara (Korut). Kapasitasnya besar sekitar 150.000 kursi, stadion ini adalah yang terbesar di Asia dan terbesar kedua di dunia. Arena ini menempati tempat kedua dalam daftar sepuluh; stadion terluas di dunia dari segi kapasitas. Stadion ini dibuka untuk umum pada 1 Mei 1989, dengan lapangan utama seluas 22.500 meter persegi.Rungrado 1st of May Stadium kini dikelola sepenuhnya oleh pemerintah Korea Utara.

3. Salt Lake Stadium
Arena olahraga serbaguna Salt Lake Stadium juga dikenal sebagai Yuva Bharati Krirangan, terletak di Kolkata, Bengal Barat, India. Kapasitas arena ini sangat mengagumkan sekitar 120.000 kursi. Salt Lake Stadium adalah stadion terbesar ketiga di dunia dan ketiga dalam daftar sepuluh stadion terluas di dunia dari segi kapasitas. Salt Lake Stadium resmi dibuka untuk umum pada Januari 1984 dan sekarang dioperasikan oleh Asosiasi Sepak Bola India, AIFF.

4. Michigan Stadium
Michigan Stadium adalah kandang untuk tim Michigan University. Stadion ini dijuluki The Big House. Terletak di Ann Arbor, Michigan, AS dan merupakan stadion terbesar di Negeri Paman Sam. Stadion ini memiliki kapasitas resmi 109.901 kursi dan masuk daftar keempat stadion terluas dunia dari segi kapasitas.Pembangunan stadion ini dimulai pada 12 September 1926 dan secara resmi dibuka untuk umum mulai 1 Oktober 1927. Pembangunan stadion ini menelan biaya konstruksi hampir 950.000 dolar AS pada saat itu. Arsitek utama dari stadion ini adalah Bernard L. Green dan James Leck.

5. Beaver Stadium
Beaver Stadium terletak di University Park, Pennsylvania, AS, yang merupakan kandang dari PennState Nittany Lions. Dengan kapasitas tempat duduk resmi dari 106.572 kursi, Beaver dilantik menjadi posisi kelima dalam daftar sepuluh stadion terluas di dunia berdasarkan kapasitas.Stadion ini merupakan tempat olahraga pertama yang memiliki interior termasuk dalam Google Street View. Beaver Stadium dirancang oleh arsitek Michael Baker, saat ini dioperasikan oleh Pennsylvania State University.Pembangunan stadion ini dimulai pada 1959 dan secara resmi dibukauntuk umum pada 17 September 1960. Arena ini biaya konstruksinyahampir 1.600.000 dolar AS pada waktu itu.

6. Kyle Field Stadium
Kyle Field terletak di kampus A&M Texas University di Texas, AS. Arena ini merupakan kandang tim sepak bola Amerika, Texas A&M Aggie sejak 1904. Stadion ini merupakan yang terbesar ketiga di AS.Dengan kapasitas tempat duduk sebesar 106.511 kursi, Kyle Field saat ini menjadi arena kelima terbesar non balap di dunia. Stadion ini menempati peringkat enam dari daftar sepuluh stadion terluas di dunia yang berdasarkan kapasitas.

7. The Estadio Azteca
The Estadio Azteca terletak di pinggir kota Santa Ursula, Meksiko. Arena ini merupakan stadion nasional resmi dari tim nasional (timnas) Meksiko. Stadion ini juga merupakan kandang bagi klub elit negeri itu, America, dan saat ini menjadi stadion terbesar keempat di Benua Amerika.Dengan kapasitas resmi 105.064 kursi, Estadio Azecta menjadi stadion aktif keenam di dunia. Arena ini jadi stadion ketujuh dalam daftar sepuluh stadion terluas di dunia dari segi kapasitas.Pembangunan stadion ini dimulai pada 1961, baru secara resmi dibuka untuk umum pada 29 Mei 1966.Biaya konstruksinya hampir 260.000.000 dolar Meksiko. Estadio Azteca dirancang oleh duo arsitek, Pedro Ramirez Vázquez dan Rafael Mijares Alcérreca.

8. Ohio Stadium
Tempat pertandingan sepak bola Amerika, Ohio Stadium terletak di Ohio University, AS. Stadion ini dijuluki Stadion Tapal Kuda, karenabentuknya yang mirip tapal/sepatu kuda. Stadion ini adalahhomebasedari Ohio State Buckeyes dan Ohio State University Marching Band.Dengan kapasitas 104.944 kursi, Ohio Stadium adalah stadion sepakbola Amerika terbesar ketiga di AS, peringkat ketujuh di dunia untuk arena non balap, dan menempati peringkat delapan dalam sepuluh stadion terluas berdasarkan kapasitas.Pembangunan stadion ini dimulai pada 3 Agustus 1921 dan secara resmi dibuka untuk umum pada 7 Oktober 1922. Biaya konstruksinya berjumlah hampir 1.430.000 dolar AS. Stadion ini dirancang oleh arsitek Howard Dwight Smith.

9. Neyland Stadium
Stadion olahraga serbaguna Neyland Stadium terletak di Knoxville, Tennesse AS. Arena ini pernah menjadi tempat berlangsungnya beberapa partai besar kompetisi sepak bola Amerika paling bergengsi, NFL. Saat ini, Neyland menjadi kandang untuk tim sepak bola Amerika, Tennesse Volunteers. Dengan kapasitas resmi sebesar 102.455 kursi, stadion ini menjadi stadion terbesar kelima di AS. Stadion ini juga menjadi arena aktif terbesar kedelapan di dunia dan masuk daftar kesembilan stadion terluas di dunia dari segi kapasitas. Pembangunan stadion ini dimulai pada 21 Maret 1921 dan secara resmi dibuka untuk umum pada 24 September 1921. Biaya konstruksinya mencapai hampir 42.000 dolar AS pada waktu itu. Baru-baru ini proyek renovasi Neyland dirancang oleh arsitek Holsalpe McCarty.

10. Tiger Stadium
Tiger Stadium lebih dikenal dengan nama Death Valley oleh penduduk setempat. Terletak di Baton Rogue, Lousiana, Amerika Serikat (AS). Stadion ini adalah kandang dari timsepak bola Amerika, Lousiana State University (LSU) Tiger. Arena ini merupakan stadion terbesar keenam di NCAA.Dengan kapasitas tempat duduk resmi sebesar 102.321 kursi setelah direnovasi, Tiger Stadium sekarang menjadi stadion olahraga terbesar kesembilan di dunia. Arena ini berada di peringkat kesepuluh stadion terluas dari segi kapasitas. Stadion ini mulai dibangun pada 1924 dan resmi dibuka pada 25 November 1924. Biaya pembangunan stadion hampir mencapai 1.816.210 dolar AS pada masa itu. Stadion ini awalnya dirancang oleh arsitek bernama Wogan dan Bernard, tapi baru-baru ini direnovasi di bawah arahan arsitek Trahan.

Demikianlah postingan blog Daftar-Daftar kali ini tentang daftar stadion paling luas di dunia, semoga bisa menambah pengetahuan bagi para sobat daftar yang belum tahu.