Istilah Kata Dalam Bahasa Komputer IV

Ini adalah bagian terakhir postingan kita tentang daftar istilah kata dalam bahasa komputer, yuk kita simak saja uraian berikut ini :

* OPERATING SYSTEM : suatu kumpulan program yang disimpan dalam satu "Programma Library" di dalam disket yang setiap saat dapat dipanggil untuk masuk dalam memori komputer, OS yang mengatur penempatan, membantu permasalahan agar program bisa dioperasikan.

* OVERFLOW : sejumlah data yang tidak dapat masuk lagi ke dalam memori komputer, karena memori yang diterima oleh komputer telah melebihi kapasitas memori yang ada pada komputer yang bersangkutan.

* PROGRAM : urut-urutan instruksi komputer yang dituliskan dalam suatu bahasa atau language.

* PROGRAMMING : pekerjaan penulisan suatu program dari suatu bagan aliran.

* PRINT : suatu pernyataan yang memerintahkan komputer untuk mengeluarkan hasil pengolahan yang disimpan dalam memori komputer ke suatu alat yang dapat dibaca seperti Printer atau CRT.

* STATEMENT : adalah suatu pernyataan unit dasar sebuah program yang merupakan sebuah bentuk instruksi tunggal pada komputer.

* RAM : Random Access Memory (RAM) adalah suatu storage yang diorganisasi secara seri, data yang masuk dalam RAM dapat digunakan dengan bebas untuk output maupun untuk proses tanpa mengganggu posisi tempat penyimpanan data lain. Data yang diproses dalam RAM sifatnya sementara tapi merupakan data yang siap untuk setiap saat dipanggil baik output maupun proses.

* ROM : Read Only Memory adalah sebuah jenis memori yang mempunyai kecepatan tinggi dalam membaca, tetapi tidak mempunyai kemampuan untuk menulis atau menghapus.

* STRING : sederetan simbol-simbol yang didefinisikan sebagai panjang satu unit yang tidak diterjemahkan atau dihitung oleh komputer, tetapi akan diinterprestasikan sebagai yang tertulis, pernyataan untuk string harus ditulis dengan simbol $.

* SYNTAX : suatu aturan yang mengatur struktur dari ekspresi atau peringatan dalam bahasa programma.

* TRANSLATOR PROGRAM : suatu program yang merubah suatu urutan (sequence) pernyataan dari satu bahasa programenjadi suatu urutan yang sama dalam bahasa program lain.

Demikianlah postingan kami mengenai daftar kata dalam bahasa komputer, semoga bermanfaat bagi para pembaca.