Macam-Macam Teh Dan Manfaatnya

Kita bahas soal teh yuk, seperti kita ketahui teh adalah minuman yang menyegarkan, selain itu teh juga banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh, karena mengandung vitamin C dan zat-zat lainnya yang baik bagi tubuh manusia. Nah kita akan tayangkan beberapa macam teh yang cukup dikenal, walaupun sebenarnya masih banyak teh yang tidak tersebutkan dalam tulisan ini.

1. Teh Hijau
Teh hijau adalah teh yang akhir-akhir ini cukup populer, terutama di kawasan Asia, teh ini memiliki faedah gizi yang sangat tinggi. Setelah daun teh hijau dipetik, proses selanjutnya adalah daun dikeringkan dengan udara panas. Daun kemudian digoreng sangrai namun tidak difermentasikan, sehingga kandungan gizi atau nutrisi serta vitaminnya yang tinggi dapat terjaga dengan baik. Teh hijau kaya akan vitamin C yang meningkatkan kekebalan
dan menjaga kesehatan tubuh. Flouride yang terkandung di dalamnya juga membantu memperkuat tulang dan mencegah kerusakan gigi.

2. Teh Hitam
Teh hitam adalah jenis teh yang lebih teroksidasi daripada teh oolong, teh hijau, dan teh putih. Di dunia barat, teh hitam seringkali dicampur dengan beberapa jenis daun dan menghasilkan beberapa varian minuman teh hitam. Setelah daun teh dipetik, dilakukan proses fermentasi penuh hingga daun berwarna gelap atau kehitaman. Dengan campuran tertentu, teh hitam bisa mengandung rasa buah dan bahkan rasa pedas. Teh hitam dikenal membantu mengurangi resiko stroke. Kandungan antioksidannya membantu mengurangi pembekuan pembuluh darah.

3. Teh Putih
Teh putih terbuat dari daun teh yang masih sangat muda dan terletak di bagian bawah pohon. Daun teh putih tidak difermentasi, namun dikukus lalu dikeringkan di bawah sinar matahari. Karena tidak melalui proses fermentasi, atau hanya mendapat fermentasi alamiah kecil dan karena proses alam, daun teh putih mengandung berbagai senyawa kimia yang membantu melawan kanker. Seduhan teh ini memiliki warna putih keperakan, berbau harum dan manis, serta rasa yang segar. Beberapa variasi teh putih diantaranya adalah Jarum Perak, Peony Putih, dan Jarum Perak Melati.

4. Teh Merah
Teh merah merupakan minuman tradisional di Afrika dan sangat kaya akan antioksidan. Teh jenis ini telah terbukti membantu meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh dan bebas kafein.

5. Teh Susu
Seduhan teh susu yang paling terkenal berasal dari India dan Srilanka, teh susu ini terbuat dari teh hitam dicampur rempah-rempah dan susu. Rempah-rempah yang dicampurkan diantaranya adalah jahe, kapulaga, dan kayu manis. Selain itu, minuman teh ini acapkali juga dicampur dengan jenis teh lain seperti teh hijau, sehingga kandungan nutrisi dan manfaatnya terhadap kesehatan sangatlah besar,

Demikianlah postingan kita kali ini mengenai macam-macam teh yang diambil dari berbagai sumber, semoga bermanfaat.