5 Negara Produsen Kopi Terbesar Di Dunia

Halo sobat, apakah anda penggemar kopi? Tentu saja ada yang menggemari dan ada yang tidak suka terhadap kopi, nah buat para penggemar kopi kali kami akan tayangkan daftar negara-negara produsen kopi terbesar di dunia, jangan khawatir, Indonesia ada loh dalam daftar, walau tidak menempati peringkat pertama. Karena peringkat pertama sebagai penghasil kopi terbesar dunia di pegang oleh Brasil, jadi Brazil itu ternyata bukan hanya produsen pemain sepakbola tapi kopi juga loh hehe..
Sementara itu negara tercinta kita Indonesia berada di urutan ketiga, masih di bawah negara Asia Tenggara lainnya yakni Vietnam yang berada di posisi kedua. Di urutan keempat ditempati oleh Kolombia dan di posisi kelima ada negara dari Afrika yakni Ethiopia.
Berikut ini daftar 5 Negara produsen kopi ter besar di dunia :

1. Brazil, dengan kontribusi 3.049.560 ton pertahun
2. Vietnam, dengan kontribusi 1.320.000 ton pertahun
3. Indonesia, dengan kontribusi 657.000 ton pertahun
4. Kolombia, dengan kontribusi 480.000 ton pertahun
5. Euthiopia, dengan kontribusi 390.000 ton pertahun.

Kompetisi dalam memperebutkan pasar kopi dunia akan terus berlanjut, urutan pada daftar di atas busa saja berubah, Indonesia masih punya potensi menjadi yang pertama sebagai negara produsen kopi dunia, namun bisa juga tergeser oleh Kolombia yang berada di bawahnya, hal ini tergantung pada daya juang masyarakat dan para pelaku bisnis kopi di Indonesia untuk semakin meningkatkan produksi kopinya.
Sebelum menggeser Brazil, Indonesia tentunya harus mampu melewati Vietnam yang berada di urutan kedua, ekspor produk kopi tertinggi Indonesia adalah biji kopi, sedangkan untuk produk olahan kopi seperti Kopi bubuk siap saji, lulur, kopi siap minum sirup, esensi kopi dan bahan panganan lainnya Indonesia masih rendah. Agar lebih mampu bersaing di pasaran kopi dunia, Indonesia harus mampu meningkatkan nilai ekspor produk olahan kopi.