15 May 2013

Hasil Quick Count/Hitung Cepat Pilkada Bali

Masyarakat Bali pada tanggal 15 Mei 2013 ini akan menggunakan hak pilihnya guna menentukan siapa yang akan memimpin Propinsi Bali untuk periode 2013-2018. Sudah ada dua pasangan yang siap bertarung dalam pemilihan kepala daerah propinsi Bali ini setelah melewati beberapa tahapan pemilu, yaitu Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Pastika - Sudikerta (Pasti-Kerta) dengan nomor urut 1 dan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Puspayoga - Sukrawan (PAS).

Pasangan cagub - cawagub Pastika-Sudikerta diusung oleh delapan partai politik koalisi, diantaranya Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Hanura, Partai Hanura dan Partai Gerindra. Sedangkan pasangan cagub-cawagub Puspayoga-Sukrawan diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).
Seperti telah diketahui kedua calon gubernur yang tengah bertarung di pemilukada Bali 2013 ini adalah Calon Gubernur Petahana, karena pada pemilukada 2008 Pastika dan Puspayoga adalah pemenangnya dan akhirnya menjadi gubernur dan wakil gubernur Bali, namun pada pemilukada kali ini mereka pecah kongsi dan akan saling bertarung memperebutkan kursi Gubernur Bali.
TPS-TPS pun telah siap digunakan di berbagai kota dan Kabupaten di Bali.
Berikut ini kota dan Kabupaten di Bali yang akan menjadi arena Pertarungan dari kedua pasangan cagub dan cawagub Bali:
1. Kota Denpasar
2. Kabupaten Buleleng
3. Kabupaten Jembrana
4. Kabupaten Badung
5. kabupaten Tabanan
6. Kabupaten Gianyar
7. Kabupaten Bangli
8. Kabupaten Klungkung
9. Kabupaten Karang Asem.

Pemilukada Bali ini cukup mendapat sorotan dari media dan beberapa lembaga survei yang akan melakukan penghitungan cepat atau penggunaan metode Quick Count, oleh karena itu kemungkinan besar hasil pemilukada Bali akan bisa diketahui hasilnya beberapa jam setelah pencoblosan.
Seperti telah diketahui sebelumnya metode quick Count atau hitung cepat telah digunakan di banyak pemilukada, dan hasilnya tidak jauh berbeda dengan penghitungan manual yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah atau KPUD.

Hasil quick count pemilukada Bali belum diposting, karena tengah menunggu update dari beberapa lembaga survei yang akan melakukan metode hitung cepat atau quick Count. Ada kemungkinan jika telah mendapat hasil quick count pilkada Bali 2013 ini, dapat dilihat di postingan berikutnya.