Liga-Liga Sepakbola Populer Dunia

Harus diakui kepopuleran olahraga sepakbola benar-benar telah mendunia, bahkan menjadi olahraga yang terpopuler di dunia. Maka tak heran hampir setiap negara memiliki kompetisi sepakbola yang lebih populer dengan sebutan liga. Di Eropa, sepakbola telah menjadi industri yang banyak menawarkan keuntungan, maka tak heran banyak milyarder yang berani berinvestasi dengan membeli saham klub-klub di Eropa. Hidupnya industri sepakbola di Eropa tentu saja dikarenakan kompetisi liga di Eropa mempunyai daya tarik luar biasa, selain menampilkan pertandingan-pertandingan berkelas juga manajemen kompetisi yang sangat teratur. Namun tidak semua kompetisi di Eropa bisa mendunia, karena hanya ada beberapa negara saja yang liganya mendunia dan menjadi populer, liga negara mana sajakah itu?
Berikut ini daftar liga-liga terpopuler di dunia yang tentu saja di dominasi negara-negara di Eropa:

1. Liga Inggris
Inilah liga yang dinilai paling kompetitif dan terbaik di dunia, daya tariknya tinggi sehingga hak siar TVnya pun menjadi yang termahal. Di isi oleh klub-klub populer dunia seperti Liverpool, Manchester United, Manchester City, Arsenal, Chelsea, Tottenham Hotspur, Newcastle United dan Everton. Bahkan permainan klub-klub papan tengah dan bawahnya pun seringkali tak kalah impresif. Selain itu stadion-stadion yang digunakannya representatif dengan kualitas rumput yang bagus, plus penempatan dan pengambilan gambar kamera yang tepat semakin menambah daya tarik liga Inggris jika dilihat dari layar televisi.

2. Liga Spanyol
Liga ini sekarang menjadi kompetitor utama liga Inggris, bahkan duel dua klub raksasa liga Spanyol yang lebih dikenal dengan duel el classico antara Real Madrid vs Barcelona selalu menjadi sorotan dunia. Klub-klub tenar di liga Spanyol lainnya adalah Atletico Madrid, Valencia dan Sevilla.

3. Liga Jerman
Kompetisi di liga Jerman juga mulai banyak diminati masyarakat dunia. Klub-klub selain Bayern Muenchen juga mulai mendunia, di antaranya adalah Borussia Dortmund dan Schalke.

4. Liga Italia
Liga ini pernah menjadi liga terbaik di tahun 1990-an, Klub-klubnya pun banyak yang telah mendunia, sebut saja Juventus, AC Milan dan Inter Milan, maka tak heran liga Italia tetap mempunyai daya tarik di mata masyarakat bola dunia.

5. Liga Belanda
Liga Belanda juga sebenarnya tak kalah menarik dengan liga-liga negara utama Eropa lainnya, karena di liga Belanda ada 3 klub besar yang namanya juga telah mendunia yakni Ajax Amsterdam, PSV Eindhoven dan Feyenoord.

6. Liga Perancis
Liga perancis pun kini mulai menggeliat, meski masih kalah pamor dari liga 4 negara teratas, namun liga ini tetap mempunyai daya tarik karena dihuni oleh klub kaya Paris St Germain, kemudian ada Olimpìc Lyon dan juga Merseille.

Bagaimana dengan liga di Indonesia? Koq malah ada dualisme liga ya? Hehe... Tapi mudah-mudahan dengan adanya KLB yang pada tanggal 17 kemarin yang salah satu poinnya adalah penyatuan liga, Sepakbola Indonesia bisa menjadi lebih baik, penyatuan liga bisa berjalan dengan lancar dan kompetisinya bisa berjalan teratur seperti kompetìsi di eropa.