Laga-Laga Sepakbola Terpanas Di Dunia

Sepakbola adalah olahraga terpopuler di dunia, hampir seluruh negara di dunia warganya menggemari sepakbola, sehingga dari sepakbola ini terciptalah fanatisme nasional, daerah atau klub. Dari fanatisme ini lahir laga-laga panas dalam sepakbola yang tak jarang melibatkan suporternya. Di Indonesia sejak era liga Super Indonesia pada tahun 1994-1995 kelompok-kelompok suporter mulai banyak terbentuk dan mulai memunculkan perseteruan yang tidak sportif bahkan anarkis yang tentu saja tidak patut ditiru karena melambangkan ketidakdewasaan. Yang paling menonjol adalah perseteruan antara Viking pendukung Persìb Bandung vs The Jakmania pendukung Persija Jakarta, serta Aremania pendukung Arema Malang vs Bonek pendukung Persebaya Surabaya, sehingga jika Persib bertanding melawan Persija dan Arema vs Persebaya laga biasanya berlangsung panas baik di dalam dan di luar lapangan, jadi kecil kemungkinan suporter tim-tim tersebut bisa mendukung tim kesayangannya itu saat berkunjung ke kandang seterunya tersebut.

Laga panas di Eropa cenderung lebih sportif, sepanas apapun el-classico antara Real Madrid vs Barcelona, atau derby of England antara Liverpool vs Manchester United, suporter tim yang berseteru bisa saling mengunjungi dan jarang terjadi bentrok fisik. Laga-laga panas di eropa lebih cenderung pada prestasi walau ada pula yang tercipta karena Insiden seperti perseteruan antara Liverpool vs Juventus yang timbul karena tragedi Heysel yang menewaskan 39 pendukung Juventus saat final Piala Champions 1985.

Berikut ini beberapa laga sepakbola terpanas di dunia baik yang melibatkan klub atau negara:

* Persib Bandung vs Persija Jakarta, sekarang dikenal dengan el classiconya Indonesia atau ada yang menyebut pula derby of Indonesia. Sayang memang panasnya laga tidak dalam bingkai sportifitas dari para suporter sehingga kedua tim bertandang ke markas seterunya itu para pemainnya pun harus naik Panser demi keamanan.
* Arema Malang Vs Persebaya Surabaya. Laga yang juga selalu panas antara dua tim asal propinsi Jawa Timur, hingga laga ini juga menjadi salah satu laga terpanas di Indonesia selain laga Persib vs Persija.
* Real Madrid Vs Barcelona, terkenal dengan julukan el classico, duel klasik dua tim besar Spanyol yang selalu panas, penuh gengsi prestasi dan fanatisme daerah.
* Liverpool Vs Juventus, duel ini selalu panas, dipicu sejak terjadinya tragedi Heysel pada final Piala Champion 1985.
* Liverpool vs Manchester United, laga ini selalu panas dalam pembuktian siapa yang menjadi King of England, Liverpool Jawara masa lalu atau MU yang tengah berjaya. Laga ini dikenal dengan derby of England.
* AC Milan vs Inter Milan, derby sengit antara klub sekota yang kaya akan prestasi.
* Corintians vs Sao Paolo, laga ini adalah pertarungan terpanas di liga Brazil.
* River Plate vs Boca Junior, ini laga terpanas di liga Argentina.
* Liverpool vs Everton, laga panas dua klub kota Liverpool di Liga Inggris dan dikenal dengan derby merseyside.
* Manchester United vs Manchester City, laga Derby dua klub Kota Manchester ini mengalami masa terpanas beberapa tahun terakhir ini sejak Man City menjelma menjadi klub kaya dan membeli pemain-pemain top dunia.

Untuk tim nasional laga panas lebih banyak dibumbui oleh unsur politik
* Indonesia vs Malaysia, hubungan politik yang sering bermasalah di antara kedua negara ternyata berimbas pula pada setiap pertemuan kedua negara tersebut di lapangan hijau. Dan akhir-akhir ini semakin memanas sejak pertemuan kedua negara ini di final Piala AFF 2010 lalu.
* Inggris vs Argentina, laga ini menjadi selalu panas karena kerapkali dihubungkan dengan Perang Malvinas pada tahun 1982 di antara keduanya.
* Jerman vs Belanda, laga ini bernuansa politik selain keduanya memang negara kuat di Eropa.
* Brazil vs Argentina, Laga Panas sebagai pembuktian siapa yang terbaik di kawasan Amerika Latin.

Masih banyak laga panas yang tidak tersebutkan, mungkin para pembaca bisa menambahkannya di kolom komentar.