blog yang berisi berbagai informasi tentang daftar

Breaking

Propinsi-Propinsi Yang Ada Di Pulau Kalimantan beserta Ibukotanya

Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga di dunia yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah barat Pulau Sulawesi. Pulau Kalimantan dibagi menjadi wilayah Brunei, Indonesia (dua per tiga) dan Malaysia (sepertiga). Pulau Kalimantan terkenal dengan julukan "Pulau Seribu Sungai" karena banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini.

Pada zaman dahulu, Borneo -- yang berasal dari nama kesultanan Brunei -- adalah nama yang dipakai oleh kolonial Inggris dan Belanda untuk menyebut pulau ini secara keseluruhan, sedangkan Kalimantan adalah nama yang digunakan oleh penduduk kawasan timur pulau ini yang sekarang termasuk wilayah Indonesia. Wilayah utara pulau ini (Sabah, Brunei, Sarawak) untuk Malaysia dan Brunei Darussalam. Sementara untuk Indonesia wilayah Kalimantan Utara, adalah provinsi Kalimantan Utara.

Dalam arti luas "Kalimantan" meliputi seluruh pulau yang juga disebut dengan Borneo, sedangkan dalam arti sempit Kalimantan hanya mengacu pada wilayah Indonesia.

Pulau Kalimantan (Borneo) adalah Pulau Terbesar kedua di Indonesia setelah Papua, meskipun besar di pulau ini hanya terdapat empat Propinsi yaitu Propinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Wilayah Kalimantan terkenal dengan lahan gambutnya, hutan yang masih luas dan aman dari gempa. Beberapa tahun terakhir ini sempat ada wacana agar Ibukota Negara dipindahkan ke Pulau Kalimantan, namun sejauh inì belum ada tanggapan serius dari pemerintah.
Berikut daftar Propinsi yang ada di Pulau Kalimantan beserta Ibukotanya:

1. Kalimantan Barat - Pontianak
2. Kalimantan Timur - Samarinda
3. Kalimantan Tengah - Palangkaraya
4. Kalimantan Selatan - Banjarmasin.