Amerika Serikat dikenal sebagai salah satu negara maju di mana masyarakatnya terlihat lebih sibuk dalam dunia bisnis dan usaha, namun hal itu tidak menjadikan masyarakat negeri Paman Sam tersebut menjadi anti terhadap medua sosial. Banyak warga Amerika Serikat yang juga menggunakan media sosial berdasarkan kepentingan mereka masing-masing. Lalu dari sekian banyak platform, media sosial manakah yang paling banyak digunakan oleh orang dewasa di Amerika Serikat pada tahun 2019 yang lalu? Belum lama ini PEW Research telah merilis daftar platform media sosial atau media online yang paling banyak digunakan oleh orang dewasa di Amerika Serikat, hasilnya menempatkan YouTube di peringkat pertama, situs berbagi video ini digunakan oleh orang dewasa Amerika Serikat sebesar 73 persen. Sementara itu di urutan kedua ditempati oleh Facebook dengan pengguna sebesar 68 persen. Menyusul di bawahnya ada Instagram yang berada di urutan ketiga dengan pengguna sebesar 35 persen. Di urutan keempat ada Pinterest dengan pengguna sebesar 29 persen dan disusul di urutan kelima ada Snapchat dengan pengguna sebesar 27 persen. Di urutan keenam ada Linkedln dengan pengguna sebesar 25 persen. Sementara itu Twitter harus puas berada di urutan ketujuh dengan jumlah pengguna sebesar 24 persen serta Whatsapp yang berada di urutan kedelapan dengan jumlah pengguna sebesar 22 persen.
Berikut daftar platform media sosial yang banyak digunakan oleh orang dewasa Amerika Serikat :
1. YouTube : 75 persen
2. Facebook : 68 persen
3. Instagram : 35 persen
4. Pinterest : 29 persen
5. Snapchat : 27 persen
6. Linkedln : 25 persen
7. Twitter : 24 persen
8. Whatsapp : 22 persen.
Nah itu di Amerika Serikat, lalu bagaimana dengan di Indonesia, saat kami belum menemukan lembaga resmi yang membuat riset tentang platform media sosial yang banyak digunakan oleh orang dewasa di Indonesia. Tapi sepertinya kalau di Indonesia posisi Whatsapp akan lebih baik, paling tidak mampu mengungguli Snapchat, Pinterest, Linkedln bahkan Twitter dan Instagram.