5 Negara Tertua Di Dunia

Halo sobat Daftar, tak terasa ya, Bumi kita ini semakin tua, nah bicara soal tua, jadi penasaran negara-negara mana saja yang tergolong sebagai negara paling tua di muka bumi ini. Soalnya Sepanjang sejarah, tak terhitung berapa negara dan kota yang yang pernah ada kini telah hilang. Meskipun begitu, ternyata ada beberapa negara yang masih bertahan dari dulu sampai sekarang yang membuat peneliti juga takjub akan keberadaannya. Tidak hanya itu, negara-negara tua tersebut juga banyak mendapat keuntungan karena memiliki kekayaan sejarah yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata bagi para wisatawan.
Baiklah langsung saja kita simak daftar 5 negara tertua di dunia:

1. Yunani
Negara yang berada di kawasan Eropa ini diketahui sudah ada
sejak 3200 SM. Kota Athena yang merupakaan ibukota Yunani juga dikenal sebagai ibukota pertama yang menerapkan sistem demokrasi sejak 508 SM. Karena usianya itu, tak heran jika sejarah dan budaya Yunani kuno sering menarik perhatian wisatawan untuk plesiran. Tak hanya itu, beberapa ajaran filosofi hidup dari Yunani juga masih menarik banyak orang di dunia.

2. Mesir

Negara yang berada di kawasan Afrika Utara ini telah diakui dunia sebagai salah satu negara tertua di dunia, yang juga menyimpan sejarah kuno peradaban manusia. Diketahui, Mesir sudah ada sejak 6 Sebelum Masehi yang memiliki peran besar juga di dunia, salah satunya sistem tulisan.

3. Cina
Negara di benua Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia ini juga dikenal sebagai salah satu negara tertua di dunia. Keberadaannya sudah ada
sejak 17 Sebelum Masehi (SM). China juga dikenal sebagai negara yang memperkenalkan
sistem tulisan yang dibuat saat
Dinasti Shang. Dinasti ini yang memimpin Cina dari 17 hingga 11 Sebelum Masehi.

4. Prancis
Negera yang berada di kawasan Eropa Barat ini ternyata sudah ada sejak zaman Romawi Kuno, tepatnya di tahun 843 Masehi.
Saat itu, Prancis dipimpin oleh Raja Clovis yang memperkenalkan feudal system, yakni sistem kekuasaan di mana bangsawan memiliki kekuasaan tertinggi dari Raja.

5. Iran
Negara yang berada di kawasan Asia barat ini diklaim sudah ada sejak 550-330 Sebelum Masehi, yang saat itu di bawah Kekaisaran Achaemenid. Kekaisaran itu juga dikenal sebagai kekaisaran terbesar
sepanjang sejarah kuno di dunia,
yang memberikan pengaruh pada perkembangan dunia saat itu.

Itulah postingan singkat dari kami mengenai daftar 5 negara paling tua di dunia yang kami kutip dari portal online Tribun.