10 Klub Indonesia Berlisensi Profesional Dari AFC

Ada 10 klub di Indonesia yang telah resmi mendapat lisensi profesional dari Konfedetasi Sepakbola Asia (AFC), kesepuluh klub tersebut adalah Persib Bandung, Persija Jakarta, Arema FC, Bali United, Bhayangkara FC, Persipura Jayapura, Madura United, Barito Putra, Borneo FC dan PSM Makassar. Hal ini diketahui setelah Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) melakukan verifikasi pada April-Agustus 2018, ditambah banding pada pertengahan bulan Oktober yang lalu. Dengan keputusan tersebut kesepuluh klub itu berhak tampil di turnamen antar-klub internasional di bawah AFC. Akan tetapi, di antara tim-tim tersebut, hanya Arema, Persija dan Persib yang
lolos murni tanpa tanggungan karena memenuhi 33 kriteria A dan delapan kriteria B lisensi AFC. Sementara tujuh tim lainnya menerima lisensi dengan status lolos dengan syarat (granted with sanctions). Artinya, ada beberapa kriteria B yang belum mereka penuhi sepenuhnya.
Untuk itu, AFC memberikan tenggat sampai 31 Januari 2019 bagi ketujuh klub tersebut untuk melengkapi semua kekurangannya. Jika tidak mampu, sanksi menanti, dan Kalau tidak bisa memenuhinya lisensi bisa dicabut. AFC sendiri berwenang datang kapan saja untuk mengecek apakah kelengkapan klub-klub sesuai yang tercantum atau tidak. Dengan diberikannya lisensi tersebut, PSSI menegaskan tidak pernah ada lisensi klub yang ditahan. Semua informasi yang disampaikan kepada media telah disampaikan pula kepada klub, termasuk hasil banding yang menyatakan bahwa PSM Makassar, Madura United dan Barito Putera berhak mendapatkan lisensi AFC dengan syarat. Persib Bandung sebenarnya juga banding, tetapi hanya untuk
menyempurnakan beberapa syarat di kategori C yang tidak berpengaruh ke lisensi AFC.
Bertambahnya jumlah klub yang mendapatkan lisensi AFC, dari sebelumnya lima klub pada tahun 2017, diapresiasi oleh petinggi PSSI dan berharap semua tim Liga 1 mendapat lisensi ini kedepannya. Pada tahun 2019, Indonesia mendapatkan tiga jatah di kompetisi AFC yakni satu klub di kualifikasi Liga Champions Asia, satu di fase grup Piala AFC dan satu di babak playoff Piala AFC. 
Tentu saja dengan bertambahnya klub-klub liga 1 Indonesia yang mendapatkan lisensi profesional dari AFC, kita berharap klub-klub tersebut juga mampu memberikan prestasi yang membanggakan bagi sepakbola Indonesia.