Klub Liga 1 Dengan Rata-Rata Penonton Terbanyak

Kompetisi liga 1 Indonesia musim 2017 telah berakhir, Tanpa diduga tim yang tidak diunggulkan Bhayangkara United keluar sebagai juaranya, sedangkan beberapa tim unggulan seperti Persib Bandung, Arema Malang dan Sriwijaya FC justru terlempar dari jajaran papan atas, bahkan Semen Padang harus terdegradasi ke liga 2. Namun pada kesempatan kali ini kami tidak akan membahas soal gelar juaranya, tapi kami akan menyoroti jumlah penonton rata-rata yang datang ke stadion saat timnya bertanding, nah suporter klub manakah yang terbanyak memadati stadion di liga 1 2017 ini?

Dikutip dari situs Superball, peringkat pertama jumlah rata-rata penonton terbanyak yang datang ke stadion ditempati oleh pendukung klub asal Ibukota Persija Jakarta, para pendukung persija yang berjuluk Jakmania ini hampir selalu memadati stadion terutama saat laga kandang di Stadion Patriot Bekasi dengan jumlah rata-rata penonton sebesar 23.051 perlaga. Kemudian di peringkat kedua ditempati oleh Persib Bandung dengan jumlah rata-rata penonton 18.006 perlaga. Penurunan jumlah penonton Persib Bandung yang dikenal dengan nama Bobotoh ini bisa jadi karena perfoma tim Persib Bandung yang kurang baik, sehingga animo bobotoh untuk menghadiri lagi Persibpun jadi berkurang, padahal biasanya Persib Bandung selalu dihadiri banyak penonton di hampir setiap laga dan kerap berada di peringkat pertama penonton terbanyak.

Berlanjut ke posisi ketiga, ada PSM Makassar yang jumlah rata-rata penontonnya mencapai angka 13.779 perlaga, kenaikan jumlah penonton PSM ini tak lepas dari perfoma impresif yang ditampilkan oleh Tim Juku Eja yang sukses mengakhiri musim di peringkat ketiga. Hal yang sama dengan PSM juga dialami oleh Bali United, perfoma apik bahkan nyaris juara menjadi daya tarik pendukungnya untuk selalu memadati stadion saat Bali United berlaga, jumlah penonton rata-rata yang menghadiri laga Bali United sebesar 13.423. Dan di urutan kelima klub dengan jumlah rata-rata penonton terbanyak ditempati oleh Persipura Jayapura, klub asal Papua ini selalu dipadati oleh sekitar 12.392 perlaganya.

Yang menarik tidak adanya Pendukung Atema Malang yang dikenal dengan Aremania di jajaran 5 besar jumlah rata-rata penonton terbanyak, padahal Arema pernah berada di peringkat satu jumlah rata-rata penonton terbanyak, sama seperti Persib, perfoma kurang baik Arema pada musim ini cukup mempengaruhi kehadiran Aremania untuk menyalsikan secara langsung laga Arema di Stadion.