Negara Yang Lolos Piala Dunia 2018



Piala dunia tahun 2018 akan digelar di rusia, babak kualifikasi untuk menyeleksi negara mana yang akan lolospun telah di mulai sejak tahun 2015 yang lalu dan sampai sekarang masih berlangsung. Menjelang akhir tahun 2017 ini telah ada beberapa negara yang twlah memastikan lolos dan akan tampil di Piala dunia 2018 tersebut. Nah tentu saja kita ingin mengetahui daftar negara-negara mana sajakah yang telah lolos ke piala dunia 2018 du tiap zonanya, berikut ini daftar sementara nya :

* Zona Eropa
Rusia (Tuan Rumah)
Belgia
Jerman
Inggris
Spanyol
Polandia
Islandia
Perancis
Portugal
Serbia

* Zona Asia
Jepang
Iran
Arab Saudi
Korea Selatan

* Zona Concacaf
Meksiko
Kostarika
Panama

* Zona Amerika Latin
Brazil
Argentina
Kolombia
Uruguay

* Zona Afrika
Nigeria
Mesir

* Zona Oceania
Belum ada yang lolos

Daftar di atas adalah hasil sementara, karena pertandingan grup-grup di berbagai Zona yang memang belum selesai. Tim-tim yang ada di dalam daftar adalah tim-tim yang nilainya telah aman menurut perhitungan plus Rusia yang lolos secara otomatis karena bertindak sebagai tuan rumah.

Seperti kita ketahui, jatah tim yang akan mengikuti piala dunia 2018 masih terdiri dari 32 dengan rincian zona Eropa masih mendapatkan jatah 13 tempat, Afrika (5), Amerika Selatan (4,5), Asia (4,5), Concacaf (3,5), dan Oceania (0,5).Tambahan jatah setengah untuk Amerika Selatan, Asia, Amerika Utara-Tengah-Karibia (Concacaf), dan Oceania berarti harus melakukan playoff antar benua guna merebut satu tiket ke putaran final. Tuan rumah Rusia otomatis lolos di Piala Dunia 2018,
Keikutsertaan 32 tim juga masih berlaku untuk piala dunia 2022 yang akan dilaksanakan di Qatar, karena mulai piala dunia 2026, FIFA akan merubah keikutsertaan peserta piala dunia menjadi 48 negara.