Negara Yang Ikut Di Cabang Sepakbola Olimpiade beserta pembagian Grupnya

Sepakbola adalah salah satu dari 28 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di olimpiade 2016 Rio, Brazil pada 5 hingga 21 Agustus nanti. Sudah ada 16 negara yang akan berpartisipasi dalam cabang sepakbola ini termasuk peraih medali emas olimpiade 2012 yang lalu, Meksiko.

Sementara bagi Brazil sebagai tuan rumah tentu ini merupakan peluang besar untuk dapat meraih medali emas, mengingat Brazil selalu gagal dalam usaha meraih emas di cabang sepakbola ini, termasuk kekalahan menyakitkan saat dikalahkan meksiko di final olimpiade 2012 di London, Inggris dan harus puas meraih medali perak. Padahal Brazil adalah negara dengan kekuatan sepakbola yang ditakuti dengan raihan gelar juara piala dunia lima kali. Maka tak heran jika pada olimpiade kali ini Brazilpun siap menurunkan pemain terbaiknya Neymar yang dikorbankan tidak bermain di piala Copa Centenario yang lalu.

Sementara itu Asia diwakili oleh tiga negara di olimpiade kali ini, ketiganya adalah Jepang, Irak dan Korea Selatan. Eropa diwakili empat negara yaitu Portugal, Jerman, Denmark dan Swedia. Kawasan Amerika juga diwakili oleh empat negara yaitu Brazil, Meksiko, Kolombia dan Honduras. Benua Afrika diwakili oleh tiga negara yaitu Afrika Selatan, Nigeria dan Aljazair. Dan satu negara berasal dari zona oceania yaitu Fiji.

Berikut ini adalah daftar pembagian grup sepakbola putra di olimpiade 2016:

Grup A
Brasil
Afrika Selatan
Irak
Denmark

Grup B
Swedia
Kolombia
Nigeria
Jepang

Grup C
Fiji
Korea Selatan
Meksiko
Jerman

Grup D
Honduras
Aljazair
Portugal
Argentina

Olimpiade 2016 ini juga mempertandingkan sepakbola wanita yang diikuti oleh 12 negara, dan berikut ini adalah pembagian grup sepakbola wanita di Olimpiade 2016:

Grup E
Brasil
China
Swedia
Afrika Selatan

Grup F
Kanada
Australia
Zimbabwe
Jerman

Grup G
Amerika Serikat
Selandia Baru
Prancis
Kolombia.