Band-Band Dunia Terpopuler

Hmm,, postingan akhir tahun masih soal musik nih, kali ini kita bahas tentang daftar band-band dunia terpopuler, sejarah musik dunia memang tidak lepas dari kiprah grup-grup band dunia. Di tahun 1960-1970 para penggemar musik mengenal band fenomenal The Beatles asal Kota Liverpool, Inggris dengan genre musiknya yang cenderung ke arah pop Rock. Di masa itu juga muncul kehadiran The Rolling Stones yang mengusung jenis musik Rock n Roll, kemudian disusul dengan bermunculan band-band Rock lainnya seperti Iron Maiden, Van Hallen, Scorpion, Aerosmith, Judaspriest, Kiss dan lain-lain. Memasuki era 80-an, bermunculanlah band-band terkenal seperti Gun & Roses, White Lyon, Fire House, Saigon Kick, Mr.Big dan lain2nya, lagu lagu mereka hingga sekarang ini masih sering diputar dan dikenal dengan nama Classic Rock.

Kemudian di akhir tahun 80-an dan awal 90-an, nuansa musik hardrock dan metal lebih terasa, band-band lama atau pun baru yang beraliran keras lebih mencuat di masa ini. Nama-nama tenar seperti Metallica, Sepultura, Napalm Death, Manoar, Safocation, Slayer dan lain-lain turut mewarnai era musik metal ini. Metal sendiri pada waktu itu terbagi menjadi beberapa genre musik, seperti Heavy Metal, Trash Metal dan Death Metal.

Tetapi pada pertengahan tahun 90-an atau sekitar tahun 1994, dominasi musik metal mulai digeser dengan kemunculan musik Alternatif yang mencakup beberapa genre musik seperti Punk, Grunge, Rock Ballad dan SKA. Green Day, Nirvana dan Stone Temple Pilot berhasil menerobos hingar bingarnya band-band metal pada waktu itu. Kemudian setelah itu bermunculanlah band-band Alternatif, baìk itu muka lama maupun muka baru meramaikan belantika musik dunia seperti Oasis, Ash, Pulp, Pearl Jam, Silver Chair, The Cure, Foo Fighter, Off Spring, Red Hot Chili Pepper, Smashing Pumkins, Cold Play dan masih banyak lagi. Hingga sekarang jejak musik alternatif masih terlihat jelas meski sekarang lebih dikenal dengan nama Modern Rock, yang diwakili band-band ternama saat ini seperti Linkin Park, Avenged Sevenfold, Blink, Sum 41, Simple Plan, Incubus dan lain-lain.

Industri musik dunia memang menghadapi sedikit permasalahan di era teknologi seperti sekarang ini, para musisi termasuk band-band dunia sudah tidak segencar dulu dalam membuat album, karena marak dan mudahnya pembajakan dalam Industri musik Dunia saat ini.