Negara-Negara Produsen Mobil Dari Asia

Dalam postingan kali ini, kita akan tayangkan daftar negara-negara Asia yang telah mampu memproduksi mobil, negara-negara manakah saja itu? Tentu saja nama Jepang dan Korea Selatan menjadi yang terdepan dalam urusan produksi mobil ini, nama belakang telah bermunculan negara-negara Asia yang lainnya yang juga mampu memproduksi mobil seperti Cina, Iran, Malaysia dan India, walau belum semaju Jepang dan Korea. Hal ini semakin menunjukan bahwa Asia menjadi kompetitor serius bagi negara-negara Produsen mobil di benua Eropa dan Amerika seperti Jerman, Perancis, Italia dan Amerika Serikat. Bagaimana dengan Indonesia? Sayangnya Indonesia belum masuk dalam jajaran negara produsen mobil, padahal dari Sumber daya manusia (SDM) Indonesia lebih unggul dari Malaysia.

Berikut ini daftar selengkapnya negara-negara Produsen mobil di Asia :

1. Jepang
Produk mobil pertama : Takuri pada tahun 1907, namun akhirnya bangkrut. Kemudian menyusul Pabrik mobil lainnya berdiri yaitu Daihatsu (1907), Isuzu (1910), Mitsubishi (1917), dan DAT (1914) yang kemudian berubah jadi Datsun. Lalu ada Toyota (1937) yang bahkan mampu membuka cabang di Amerika Serikat pada tahun 1957 dan mulai mengimpor Toyopet Crown dan Land Cruiser. Kemudian disusul oleh Nissan pada tahun 1960.

2. Korea Selatan
Tahun 1960 diluncurkan Sinjin publica yang bekerjasama dengan Toyota. Pada tahun 1962 pemerintah Korsel membuat kebijakan Promosi Industri Mobil yang melarang pembuat mobil luar negeri dilarang beroperasi kecuali bekerjasama dengan industri lokal, dan akhirnya kebijakan itu mampu memicu lahirnya perusahaan-perusahaan mobil Korea seperti berikut ini :
-> Kyeongseong Precision Industry yang kemudian berubah menjadi KIA Industry, pada tahun 1964 mulai merakit mobil bekerjasama dengan Mazda.
-> Ha Fong-hwan Automobile Industry Co. Yang selanjutnya berubah menjadi Ssang Yong Motor Company.
-> Saenara Automobile yang merupakan pembuat mobil pertama di Korea yang dilengkapi dengan fasilitas perakitan mobil yang modern, dan bekerjasama dengan Nissan.
-> Asia Motors Company yang didirikan pada tahun 1965.
-> Hyundai Motor Company yang didirikan pada tahun 1968 bekerjasama dengan Ford Motor Company.

3. Cina
Pabrik mobil modern pertama adalah First Automobile Works yang berdiri pada tahun 1956, kemudian bermunculanlah merek-merek mobil baru mewarnai industri mobil di Cina seperti Lifan, BYD, Chang'an, Geely, Chery, Hafei, Jianghuai, Martin Motors, Roewe, Great Wall dan lain-lain.

4. India
Bajaj adalah produk mobil buatan India, dan masuk ke pasar Indonesia pada tahun 1980-an, kendaraan ini beroda tiga, bersuara berisik, boros dan suspensinya keras.
Selain Bajaj, produksi mobil lainnya dari India adalah Tata Nano.

5. Iran
Negara ini pun mampu memproduksi mobil sendiri, Samand dan Khodro adalah merek andalan mobil Iran yang tak kalah bagus dengan mobil buatan Eropa.

6. Malaysia
Negeri Jiran ini pun tak mau ketinggalan sebagai negara yang mampu memproduksi mobil sendiri, di negara ini lahirlah pabrik mobil bernama Proton pada tahun 1983 yang bekerjasama dengan Mitsubishi. Proton sempat menjadi satu-satunya Pabrik Mobil di Malaysia, hingga pada tahun 1993 muncul pesaing lokal yang bernama Perodua.

Demikianlah postingan kita kali ini mengenai negara-negara Asia yang menjadi Produsen mobil, tentunya kita berharap suatu saat Indonesiapun mampu memproduksi mobil sendiri dan tidak hanya dijadikan sebagai pasar potensial oleh negara-negara lain.