blog yang berisi berbagai informasi tentang daftar

Breaking

Obyek Wisata Di Sumatera Barat

Berikut ini adalah daftar beberapa tempat wisata yang ada di Propinsi Sumatera Barat :

1. Jam Gadang

Terletak di tengah Kota Bukittinggi, menara yang beratap khas Minangkabau ini menjadi landmark dari Kota Bukit Tinggi, dibangun pada tahun 1827 oleh Contraleur yang merupakan sekretaris kota Rook Maker. Dari puncak menara jam Gadang ini kita dapat menikmati indah alam di sekitar kota Bukit Tinggi.

2. Danau Maninjau

Berjarak sekitar 36 km dari Kota Bukittinggi, Danau yang indah ini tersedia berbagai sarana dan fasilitas yang dapat mendukung bagi para wisatawan seperti hotel dan homestay serta yang lainnya.

3. Danau Singkarak

Danau yang terletak di pinggir jalan raya Padang Panjang - Solok ini terkenal sebagai danau terbesar di Sumatera Barat dengan panjang 21 km. Berbagai sarana penunjang wisata seperti hotel dan perahu motor yang dapat digunakan untuk mengelilingi danau.

4. Benteng De Kock

Benteng ini dibangun pada tahun 1825 pada saat terjadi perlawanan rakyat dibawah pimpinan Tuanku Imam Bonjol dan Harimau Nan Salapan ketika menghadapi Belanda. Di tempat wisata sejarah yang berada di Pincak, Kota Bukitinggi ini masih terdapat meriam kuno periode abad ke 19 Masehi.

5. Gedung Tri Arga (Istana Bung Hatta)

Gedung bersejarah ini dahulu merupakan pusat pemerintahan darurat Republik Indonesia, tepatnya pada tahun 1947. Gedung ini bernama Gedung Tri Arga sebelum akhirnya diganti dengan nama Istana Bung Hatta untuk mengenang jasa sang proklamator tersebut. Gedung ini berada di Kota Bukittinggi..

6. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok atau Lembah pendiam yang berada di Kota Bukit Tinggi ini memiliki panjang 15 km dengan kedalaman 100 meter dan lebar 200 meter. Lembah yang sangat indah ini membujur dari Selatan Nagari Koto Gadang ke Utara, Nagari Sianok enam suku dan berakhir di Palupuh. Di dasarnya mengalir sebuah anak sungai yang berliku-liku menelusuri celah-celah tebing yang berwarna-warni dengan latar belakang gunung Merapi dan Singgalang, pemandangan yang mempesona tersebut tentu saja menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjungi dan menikmati keindahannya dengan mengambil gambar sebagai dokumentasi.

7. Goa/Terowongan Jepang

Terowongan yang dibuat oleh tentara jepang pada tahun 1942 ini memiliki panjang 1.400 meter dan lebar 2 meter, berada di Taman Panorama di Ngarai Sianok di bawah Kota Bukittinggi
Di dalam goa tersebut terdapat ruangan kantor, rumah sakit, persenjataan dan makanan.

8. Lembah Anai

Lembah ini berupa hutan tropis yang lebat yang di dasarnya mengalir sungai Batang Anai dengan airnya yang bening, di situ pun terdapat air terjun setinggi 40 meter yang berdekatan dengan jalan raya.

9. Ngalau Indah

Ngalau Indah adalah sebuah gua alam dengan stalagnit dan stalagmit pada langit-langitnya, di luar gua terdapat taman dengan pohon-pohon rindang yang menambah keindahan dan kesejukan tempat ini. Ngalau Indah terletak sekitar 2 km sebelum Kota Payakumbuh dari arah Bukit Tinggi.

10. Istana Pagar Ruyung

Istana Pagaruyung mempunyai bangunan yang berciri khas Minangkabau. Di dalam Istana yang dibangun oleh keluarga kerajaan Pagaruyung ini terdapat barang-barang peninggalan kerajaan yang masih terpelihara demgan baik. Istana ini berada di Kecamatan Tanjung Emas, Kabupateo Tanah Datar.

11. Pandai Sikek

Pandai Sikek merupakan daerah pusat kerajinan ukiran dan tenunan kain songket yang terletak di kaki gunung Singgalang dengan pemandangan yang sangat indah. Daerah ini berjarak 10 km dari Kota Bukit Tinggi.

12. Lembah Harau

Lembah Harau adalah Cagar Alam dengan bukit kapur yang curam, memiliki ketinggian 100 hingga 150 meter. Lembah ini berjarak 14 km dari Payakumbuh. Di lembah ini terdapat lima air terjun yang selalu mencurahkan airnya yang jernih. Di tempat ini pun disediakan sarana untuk berkemah. Lembah Harau rencananya akan dijadikan taman margasatwa pertama di luar Pulau Jawa.

13. Bukit Langkisau

Bukit langkisau terletak di antara desa Salido dam Kota Paiman, Pesisir Selatan. Dari bukit yang memiliki ketinggian 1.000 kaki ini, pemandangan nan mempesona berupa laut lepas dapat dilihat.

14. Pantai Mentawai
Pantai yang berjarak sekitar 135 km dari Kota Padang ini memang asyik untuk kegiatan selancar selain menikmati keindahan pasir putihnya yang mempesona.

Masih banyak lagi beberapa tempat wisata di Sumbar lainnya yang tak kalah menarik dan mempesona yang belum sempat tersebutkan di blog ini.