Objek Wisata Di Sulawesi Selatan

Berikut ini daftar beberapa tempat wisata yang ada di Sulawesi Selatan :

1. Pantai Losari

Pantai Losari yang berada di Kota Makassar ini merupakan salah satu objek wisata terpopuler di Sulawesi Selatan, di pantai ini selain bisa menikmati pemandangan alam yang indah, para pengunjung juga bisa menikmati berbagai makanan khas Makassar sala;h satunya adalah pisang epe. Di Pantai Losari juga ada sebuah Mesjid yang terapung di atas air. Pantai Losari juga tersambung dengan objek wisata lainnya seperti : Pulau Lae-Lae, Tanjung Merdeka, Tanjung Bayang, Pulau Samalona dan Pulau Kayangan.

2. Benteng Routerdam

Benteng Routerdam adalah objek wisata sejarah berbentuk benteng peninggalan Belanda yang dulunya digunakan sebagai benteng pertahanan di kala perang, benteng Routerdam memiliki museum yang bernama museum laga ligo, di dalamnya ada miniatur klasik yang bisa mengingatkan para pengunjung ke masa lalu.

3. Balla Lompoa

Balla Lompoa adalah rumah yang menyimpan banyak peninggalan bersejarah dari kerajaan gowa-tallo. Pada dasarnya balla lompoa pada jaman dulu merupakan pusat pemerintahan kerajaan gowa-talla, berbagai macam peninggalan kerajaan tersebut dapat dilihat di sini, lokasi Balla Lompoa berada Di Kabupaten Gowa.

4. Benteng Somba Opu

Di Benteng Somba Opu ini banyak terdapat tiruan dari semua rumah adat yang ada di sulawesi selatan, semua rumah adat kabupaten/kota di seluruh Sulawesi Selatan ada di sini
Rumah-rumah adat tersebut ternyata dapat disewa untuk beberapa hari. Benteng Somba Opu berada di Perbatasan Antara Kabupaten Gowa & Kota Makassar.

5. Tana Toraja

Salah Satu Kabupaten yang ada di sulawesi selatan ini memiliki kekayaan budaya yang sangat diminati oleh para wisatawan baik wisatawan manca negara ataupun wisatawan domestik. Di tana Toraja jika seseorang dari keluarga bangsawan meninggal, akan diadakan upacara yang bernama Rambu Solo , sebuah upacara yang langka dan susah didapati di Tana Toraja. Dan banyak lagi budaya dan tempat wisata lainnya yang sangat menarik bagi para wisatawan untuk dikunjungi di Kabupaten ini.

6. Taman Wisata Bantimurung Bulusaraung

Taman Wisata yang terletak di Kabupaten Maros ini merupakan Objek Wisata alam sangat menarik, di sini para pengunjung dapat menikmati air yang langsung mengalir dari gunung dan juga air terjun bantimurung yang sangat indah, selain itu, di taman ini adapula penangkaran kupu-kupu yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

7. Tanjung Bira

Tanjung Bira adalah sebuah Pantai berpasir putih yang berada di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Pantai ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa, dari pantai yang memiliki pasir putih dan laut yang berwarna biru. Di tempat ini para pengunjung juga dapat memperoleh info tentang tempat pembuatan perahu Phinisi.

8. Taman Purbakala Batupake

Taman ini berlokasi di Kabupaten Sinjai dan merupakan Taman Wisata Alam dan budaya yang terletak di atas bukit, Batu Pake Gojeng yang dikenal dengan kuburan batu. Lokasi taman ini dilengkapi sarana pendukung (Caravanning Sites) seperti renovasi rumah adat serta fasilitas lain seperti tempat permandian tua yang di yakini sebagai tempat pemandian raja-raja terdahulu, adapula refreshing kids & berbagai jenis burung seperti Rajawali Sumatra, Burung Beo, Nuri Kalimantan, kutilang serta species lainnya.

9. Pulau Samalona

Pulau yang luasnya sekitar 2,3 hektar ini merupakan salah satu objek wisata bahari yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Di kawasan pulau yang tak jauh dari Kota Makassar ini sangat bagus untuk menyelam, karena di sekelilingnya terdapat karang-karang laut yang dihuni beraneka ragam ikan tropis dan biota laut lainnya. Pulau ini berjarak sekitar 6,8 Km dari Kota Makassar yang dapat ditempuh sekitar 20 – 30 menit dengan menggunakan speed boot. Di lokasi ini juga terdapat beberapa penginapan sederhana berbentuk rumah panggung yang dapat menampung sekitar 20 orang. Selain itu, tersedia juga beberapa warung makanan yang menyediakan aneka ragam seafood segar.

10. Hutan Malino

Kawasan wisata ini terletak di sebelah selatan Kota Makassar tepatnya di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, sekitar 70 km dari Kota Sungguminasa (Gowa) atau 90 km dari Kota Makassar.
Malino merupakan kawasan wisata yang memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan. Kawasan ini berada di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut, terdapat Hutan Wisata Malino atau lebih dikenal dengan sebutan Hutan Pinus, karena terdapat banyak deretan pohon pinus yang tumbuh subur, kokoh, dan rindang.
Disekitar kawasan wisata ini terdapat juga perkebunan markisa yang menghasilkan minuman khas Kota Malino, yaitu jus markisa dan beberapa tempat wisata lainnya, seperti, Air Terjun Takapala yang terletak di Bulutana, air Terjun Lembanna yang berada sekitar 8 km dari Kota Malino, Pemandian Lembah Biru, Perkebunan The di daerah Pattapan, dan Tanaman Holtikultura di daerah Karenpia.

0 komentar

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.