30 October 2012

10 Kota Terbesar Di Indonesia

Sebagai orang Indonesia tentu kita perlu tahu juga kota-kota mana sajakah yang masuk dalam daftar 10 Kota terbesar di Indonesia, dan juga bisa dimaklumi kalau hampir setiap orang bangga akan kota kelahirannya atau kota yang telah lama ia tinggali, sehingga kerap kali terjadi perdebatan dengan saling mengklaim bahwa kota mereka lah yang terbaik. Berikut ini adalah daftar 10 Kota terbesar di Indonesia yang mungkin saja akan berbeda dengan pendapat para pembaca, namun coba saya paparkan seobyektif mungkin dengan mengambil data dari berbagai sumber:

1. Jakarta
kota ini mempunyai luas wilayah 740,28 km persegi dengan jumlah penduduk mencapai 9.607.787 (2010) dan kepadatan penduduknya sekitar 14.464.08 jiwa/km persegi. Jakarta bukan hanya sebagai Ibu Kota Negara tetapi juga menjadi pusat bisnis dan hiburan sehingga gedung-gedung pencakar langitpun bertebaran di kota ini.

2. Surabaya
Ibukota Propinsi Jawa Timur ini memiliki luas wilayah 326,37 km persegi dengan jumlah penduduk 2.765.487 (2010) dan kepadatan penduduknya sekitar 8.002 jiwa/km persegi. Surabaya menjadi gerbang sekaligus kota terbesar di wilayah timur di Indonesia. Pembangunan infrastruktur dan penghijauan tengah dikembangkan oleh para pengambil kebijakkan di kota ini.

3. Medan
Ibukota Propinsi Sumatera Utara ini memiliki luas wilayah 265.10 km persegi dengan jumlah penduduk mencapai 2.097.610 (2010) dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 7.657 jiwa/km persegi. Kota Medan dihuni oleh berbagai macam etnis seperti Batak, Melayu, Cina dan India. Medan adalah Kota terbesar di Pulau Sumatera.

4. Bandung
Ibukota Propinsi Jawa Barat ini memiliki luas wilayah 167,67 km persegi dengan jumlah penduduk mencapai 2.394.873 (2010), sementara tingkat kepadatan penduduknya mencapai 14.228 km persegi.Kota Bandung memiliki beberapa julukan seperti 'kota kembang', Paris van Java', Kota Wisata dan lain-lain.

5. Semarang
Ibukota Propinsi Jawa Tengah ini memiliki luas wilayah 373,670 km persegi dengan jumlah penduduk 1.890.984 (2010), kepadatan penduduknya 3.850 jiwa/km persegi. Kota ini sangat bersejarah dengan banyaknya bangunan seperti sekolah dan rumah sakit yang bergaya Belanda.

6. Makassar
Ibukota Propinsi Sulawesi Selatan ini memiliki luas 199,26 km persegi dengan jumlah penduduk sekitar 1.338.663 (2010), kepadatan penduduknya 5.995 jiwa/km persegi. Kota yang dulu bernama Ujung Pandang ini adalah kota terbesar di pulau Sulawesi.

7. Palembang
Ibukota Propinsi Sumatera Selatan ini memiliki luas wilayah 400,61 km persegi dengan jumlah penduduk sekitar 1.455.284 (2010), kepadatan penduduknya 3.351 jiwa/km persegi. Kota Palembang adalah Kota terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah kota Medan. Dulu Palembang sempat menjadi ibukota kerajaan Sriwijaya sebelum dipindahkan ke Jambi.

8. Pekanbaru
Ibukota Propinsi Riau ini memiliki luas wilayah sekitar 633,01 km persegi dengan jumlah penduduk 903.902 (2010), kepadatan penduduknya 1.134 jiwa/km persegi. Kota ini adalah salah satu kota terbersih dan terkaya di Indonesia.

9. Batam
Kota ini masuk dalam wilayah Propinsi Kepulauan Riau, luas wilayahnya sekitar 715 km persegi dengan jumlah penduduk mencapai 944.285 (2010), kepadatan penduduknya 862 jiwa/km persegi. Batam merupakan salah satu kota industri terbesar di Indonesia, letaknya berdekatan dengan negara jiran, Singapura.

10. Banjarmasin
Ibukota Propinsi Kalimantan Selatan ini memiliki luas 74 km persegi dengan jumlah penduduk sekitar 625.481 (2010), kepadatan penduduknya 8.182 jiwa/km persegi. Banjarmasin adalah kota terbesar di pulau Kalimantan. Pasar terapung adalah tempat wisata yang populer di kota Banjarmasin.

13 comments:

  1. kayaknya no 10 salah deh padang jauh lebih luas dari banjarmasin yakni 694,96km2 dan jumlah penduduknya hampir 2 kali lipat banjarmasin

    ReplyDelete
  2. bandingkan tahun 2009 padang memeliki jumlah penduduk 846731 jiwa leboh banyak dari banjarmasin dan luas kota padang 694,96 km2 lebih luas dari pekan baru 633,01km2, bahkan lebih luas dari palembang, makasar, semarang dan jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok luas kota kau jadikan tolok ukur bodoh?! Udah tau luas kota palangkaraya blm? Dasar orang padang ngotot mulu, dengkul yg dipake buat mikir, idiot.
      Sudah pernah ke banjarmasin, samarinda atau balikpapan??? Makanya jalan2 dulu ke kalimantan, kota padangmu itu terlalu sepi dan kolot jika dibandingin 3 kota yg kusebutkan tadi.
      Saranku banyak2 cari pengalaman dulu ya minangkebo..

      Delete
    2. bro jangan sara lo, kita negara demokratis jadi bebas berpendapat, gue bukan orang minang tapi gue gak suka lo ngejek gitu, emang lo udah buat apa sama daerah lo? ha

      Delete
    3. Makasih respon dan sarannya bro firman, saya amin kan.
      Saya agak kesel sama si minang itu, ngotot padang mulu. Padang emang kota tua namun perkembangan kota itu seperti mandeg (aku bbrp kali ke padang). Dulu padang itu lebih maju drpd pekanbaru, batam bahkan bndr lampung, namun sekarang cobalah dulu si minang ini jalan2 ke pekanbaru atau batam trus amati perbedaan yg sangat mencolok dgn padang. Kota2 di kalimantan pun berkembang dgn pesat seperfi banjarmasin, samarinda dan balikpapan.
      Maap kalo kata2 saya kurang berkenan, namun saya sangat menghormati pendapat yg realistis dan wajar apalagi disertai bukti2 atau hasil penelitian. Sy jg penganut demokrasi. -salam-

      Delete
  3. Aku sepakat dari urutan 1 s/d 6 karena sudah liat langsung keenam kota itu. Hampir semua orang akan mudah sepakat jg. Namun untuk urutan 7 s/d 10 agak sukar untuk menentukannya, kalaupu dipaksain pasti mau tidak mau akan menjadi subjektif.
    Palembang, pknbaru, batam itu kota2 yg memang sedang berkembang terus di sumatera namun jgn juga dilupakan kota2 di pulau jawa yg bukan ibukota propinsi seperti yogyakarta, malang, solo, dll. Trus jgn pandang sblh mata samarinda dan balikpapan di kalimantan timur, 2 kota itu bahkan merasa perlu untuk membangun jalan tol untuk kepentingan transportasi dan nilai tambah ekonomi padhal jarak 2 kota itu tanpa tol hanya 2-3 jam saja. Dan tolong dilihat lagi kota manado dan kota2 lainnya di timur indonesia. Agar anda tidak terlalu sumatera sentris dalam menilai.
    -salam-

    ReplyDelete
  4. Besar kecilnya kota tidak hanya dilihat dari luas dan jumlah penduduknya, tetapi harus dilihat juga faktor pendukung lainnya. Apakah di sana ada Bandara?Pelabuhan?Pusat Perbelanjaan seperti mal plaza dan sejenisnya. Apakah sangat menjual jika kita hendak memasang iklan atau reklame? Fasilitas perkotaannya juga harus diperhatikan, contoh:wc umum, perpustakaan kota, sekolah,universitas, dll.terim kasih.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih pd tman2 yg udah komen dan masukannya,,

    kepada bro Ronin untuk sdikit bersabar dan tidak emosi :),

    ReplyDelete
  6. Dimanapun di dunia ini faktor utama penentu peringkat kota terbesar adalah Jumlah penduduk dan perekonomian. Setelah itu sebagai tambahan pertimbangan ada infrastruktur, pendidikan, budaya, dll

    Peringkat Perekonomian kota (BERSTATUS KOTA) selama tahun 2012 dalam Triliun rupiah
    1. DKI Jakarta 858 T
    2. Surabaya 205 T
    3. Medan 83 T
    4. Bandung 82 T
    5. Kediri 57 T
    6. Tangerang 56 T
    7. Bontang 53 T
    8. Palembang 52 T
    9. Batam 47 T
    10. Semarang 43 T
    11. Balikpapan 40 T
    12. Makasar 37 T
    13. Pekanbaru 37 T
    14. Bekasi 36 T
    15. Malang 30 T
    16. Padang 25 T
    17. Samarinda 24 T
    18. Cilegon 22 T
    19. Bndar Lampung 19 T
    20. Depok 16 T

    Daftar Kota (BERSTATUS KOTA) Berdasar Jumlah Penduduk berdasarkan sensus 2010 (Dalam Juta Jiwa)
    1. Jakarta 9.61 JT
    2. Surabaya 2.77 JT
    3. Bandung 2.39 JT
    4. Bekasi 2.33 JT
    5. Medan 1.97 JT
    6. Semarang 1.89 JT
    7. Tangerang 1.80 JT
    8. Depok 1.74 JT
    9. Palembang 1.50 JT
    10. Makasar 1.34 JT
    11. Pekanbaru 1.29 JT
    12. Tang. Selatan 1.29 JT
    13. Bogor 0.95 JT
    14. Batam 0.94 JT
    15. Bndr Lampung 0.88 JT
    16. Padang 0.85 JT
    17. Malang 0.82 JT
    18. Denpasar 0.79 JT
    19. Samarinda 0.73 JT
    20. Balikpapan 0.64 JT

    Peringkat indeks kepuasan KOTA paling direkomendasikan dalam berbisnis selama 2012
    1. Batam
    2. Makasar
    3. Surabaya
    4. Malang
    5. Palembang
    6. Pekanbaru
    7. Semarang
    8. Bandung
    9. Kediri
    10. Medan

    Peringkat indeks kepuasan KABUPATEN paling direkomendasikan dalam berbisnis selama 2012
    1. Bogor
    2. Tangerang
    3. Bekasi
    4. Sidoarjo
    5. Kudus
    6. Gresik
    7. Karawang
    8. Bandung
    9. Deli Serdang
    10. Cilacap

    Jadi untuk peringkat kota terbesar, yaa silahkan aja diperingkat sendiri berdasar data yang ada dengan mempertimbangkan berbagai faktor.

    Tapi kalo boleh, peringkat kota terbesar saat ini, menurut saya:
    1. Jakarta
    2. Surabaya
    3. Bandung
    4. Medan
    5. Tangerang
    6. Semarang
    7. Makasar
    8. Palembang
    9. Pekanbaru
    10. Batam

    Piisssslaah juragan semuaa…..heeee….

    ReplyDelete
  7. Peringkat kota di Indonesia berdasar luas wilayah 2012

    Nomor, Kota, Propinsi, Luas (Km2)
    1. Tidore Kepulauan, Maluku Utara, 9.564,70
    2. Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 2.400,00
    3. Dumai, Riau, 2.039,00
    4. Sorong, Papua Barat, 1.105,00
    5. Jayapura, Papua, 940,00
    6. Samarinda, Kalimantan Timur, 718,00
    7. Batam, Kepulauan Riau, 715
    8. Padang, Sumatera Barat, 694,96
    9. Jakarta, DKI Jakarta, 661,52
    10. Pagar Alam, Sumatera Selatan, 633,66
    11. Pekanbaru, Riau, 633,01
    12. Singkawang, Kalimantan Barat, 504,00
    13. Balikpapan, Kalimantan Timur, 503,3
    14. Bontang, Kalimantan Timur, 497,57
    15. Prabumulih, Sumatera Selatan, 434,50
    16. Lubuklinggau, Sumatera Selatan, 401,50
    17. Palembang, Sumatera Selatan, 400,61
    18. Palu, Sulawesi Tengah, 395,06
    19. Semarang, Jawa Tengah, 373,67
    20. Banjarbaru, Kalimantan Selatan, 371,30
    21. Ambon, Maluku, 359,45
    22. Surabaya, Jawa Timur, 326,37
    23. Bitung, Sulawesi Utara, 304,00
    24. Kendari, Sulawesi Tenggara, 295,89
    25. Sawahlunto, Sumatera Barat, 273,45
    26. Medan, Sumatera Utara, 265,10
    27. Langsa, Nanggroe Aceh Darussalam, 262,41
    28. Ternate, Maluku Utara, 250,85
    29. Tarakan, Kalimantan Timur, 250,80
    30. Bima, Nusa Tenggara Barat, 222,25

    kalo kota terbesar didasarkan pada luas wilayah kayaknya malah jadi "ajaib" deh gan, kan lucu banget kalo dikatakan kota Tidore, Palangka Raya, Dumai lebih besar dari Jakarta, Surabaya dan Bandung atau Medan? ya to?....

    biasanya kota terbesar selalu diperingkat dari jumlah penduduk dan perekenomian, kalo soal infrastruktur dll emang susah ngukurnya. secara ekonomi mgkin kayak bandung sama medan beda tipis, tapi dr jumlah pnduduk bandung lebih banyak. tapi untuk wilayah sekitar kota bandung (Bandung Raya) jumlah penduduk maupun ekonominya lumayan jauh di atas Medan Raya (Mebidang).
    contoh simpel, dalam peringkat kota besar dunia, Jakarta selalu di peringkat lebih besar dibanding Singapore, padahal kan ekonomi kota singapore 2 kali lipat dari Jakarta dan wilayah kotanya pun 2 kali Jakarta.
    tapi kalo ditarik dari wilayah megapolitan Jakarta (Jabodetabek), jumlah penduduk, perekonomian, luas wilayah Singapore gak ada apa-apanya dibanding Jakarta. so??

    Kota terbesar
    1. Jakarta
    2. Surabaya
    3. Bandung
    4. Medan
    5. Tangerang
    6. Semarang
    7. Makasar
    8. Palembang
    9. Pekanbaru
    10. Batam

    ReplyDelete
  8. Justru lebih baik lagi kalau bisa merata , semua kota kecil berkembang menjadi besar, amin

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.